Asah Ketranpilan Membuat Berita, SMPN 2 Sumberpucung Adakan Pelatihan Jurnalistik

Foto : Pelatihan Jurnalistik di SMPN 2 Sumberpucung. (Had)

BACAMALANG.COM – Adanya pelatihan jurnalistik diharapkan mampu mengasah ketrampilan siswa dalam menulis berita.

Setidaknya hal itulah yang dilontarkan oleh Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Sumberpucung Kabupaten Malang Mahmuda usai gelar pelatihan jurnalistik tingkat dasar di SMPN 2 Sumberpucung, Minggu (15/3/2020).

“Kami berharap adanya pelatihan jurnalistik ini menjadikan siswa mampu dan trampil dalam menulis berita,” terang Mahmuda.

Ia menuturkan, spirit melestarikan budaya literasi di kalangan generasi muda layak memperoleh apresiasi yang salah satunya bisa diwujudkan dengan memberikan pelatihan jurnalistik tingkat dasar.

Ia menjelaskan, dirinya sangat mendukung dengan adanya pelatihan ini, karena bisa meningkatkan kemauan dan kemampuan anak-anak menulis berbagai peristiwa di sekolah.

“Manfaat mengikuti pelatihan ini yaitu siswa bisa menuliskan berbagai peristiwa nyata yang dijumpai dalam bentuk berita melalui fakta fakta yang ada Semoga bisa mencetak generasi Milleneal agar trampil dalam menulis,” urai Mahmuda.

Sementara itu, siswi kelas 8C Siti Nurmalawati mengatakan, dengan mengikuti pelatihan dirinya bisa lebih tahu dan menguasai cara membuat berita.

“Dengan mengikuti pelatihan saya bisa lebih tahu dan menguasai cara membuat berita,” tegas Siti antusias.

Ia mengatakan, manfaat lain mengikuti pelatihan jurnalistik adalah menambah pengetahuan dan bisa mendukung nilai mata pelajaran bahasa Indonesia.

“Saya rasa kalau mengikuti pelatihan jurnalistik ini bisa juga untuk menambah poin nilai mata pelajaran bahasa Indonesia,” tukas Siti.

Dalam pelatihan yang digelar gelombang kedua ini, diikuti oleh 45 siswa yang sejak pk 07.00 WIB pagi bersemangat datang ke sekolah.

Pelatihan berjalan hangat dan seru karena adanya interaksi antara pemateri dengan peserta secara aktif dan dinamis.

Bukan hanya semangat dan antusiasme, namun penguasaan peserta terhadap materi mempunyai nilai jauh di atas rata-rata, karena mampu membuat berita sederhana dengan baik. (Had)