525 Ribu KK Dapat Bantuan Beras dan Telur dari Pemkab Malang

Bupati Malang, HM Sanusi saat menyerahkan secara simbolis bantuan kepada seorang warga Desa Ganjaran Gondanglegi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Terhitung sejak hari ini Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Malang mulai mendistribusikan bantuan non tunai berupa beras kepada masyarakat di wilayahnya.

Dua desa di Kecamatan Gondanglegi menjadi sasaran pertama pendistribusian bantuan tersebut. Dua desa itu adalah Sepanjang dan Gajaran.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan, sedianya bantuan non tunai berupa beras itu akan diberikan kepada 525.000 kartu keluarga atau KK. Masing-masing KK akan mendapatkan bantuan 10 kilogram beras dan 1 kilogram telur.

“Jumlah itu dari 760.000 total KK di Kabupaten Malang. Jadi 75 persen dari total KK kami bagikan serentak 10 kilogram beras dan 1 kilogram telur,” ujar Sanusi, Rabu (15/4/2020).

Pendistribusian bantuan itu juga telah diatur sedemikian rupa agar masyarakat tidak sampai berkumpul di satu tempat. “Itu nanti dikoordinir oleh perangkat desa untuk pembagiannya,” terang Sanusi.

Sanusi pun menyebut, bantuan non tunai itu berasal dari anggaran pendapatan dan belanja belanja atau APBD Kabupaten Malang 2020. Adapun alokasi anggarannya sebesar Rp 22 miliar.

“Itu dari pergeseran dana perjalanan dinas selama masa pandemi virus corona. Jadi dananya ada sebesar 22 miliar. Untuk pembelian beras dan telur,” tukas pria yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Malang ini. (mid/yog)