Tahapan Pilkada Dimulai Lagi, Ini Fokus KPU Kabupaten Malang

Rapat koordinasi KPU Kabupaten Malang dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang di kantor Dinas Kesehatan Jalan Panji Kepanjen (ist)

BACAMALANG.COM – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 telah resmi dimulai kembali sejak hari ini. Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Malang bergerak cepat memulai kembali kegiatan yang sempat mandek.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini mengatakan bahwa langkah pertama yang dilakukan pihaknya setelah tahapan Pilkada 2020 dilanjutkan adalah dengan mengaktifkan Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK dan Panitia Pemungutan Suara alias PPS.

“Tahapan pertama kami mengaktifkan kembali badan adhoc, seperti PPK dan PPS,” kata Anis, ditemui disela-sela kegiatan rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Senin (15/6/2020).

Dimulainya kembali tahapan Pilkada ini juga dibarengi terbitnya Peraturan KPU alias PKPU, nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilgub, Pilbup dan atau Pilwalkot 2020.

Dalam PKPU itu ada sejumlah hal yang mengalami penyesuaian, utamanya mengenai penerapan protokol kesehatan, karena saat ini Indonesia masih berhadapan dengan pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Oleh sebab itu, hari ini KPU Kabupaten Malang langsung melakukan rapat koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan untuk menentukan langkah-langkah apa saja yang harus diambil kedepan terkait penerapan protokol kesehatan tersebut.

“Misalnya apakah perlu dilakukan rapid test sebelum pelaksanaan. Khususnya untuk badan adhoc, karena petugas PPK dan PPS merupakan penyelenggara Pilkada serta sebagai garda terdepan,” ucap Anis.

Anis melanjutkan, hasil rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan itu nantinya akan ditindaklanjuti melalui pembahasan internal KPU, sebelum hasil finalnya disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Malang. (mid/yog)