Jatim Park 3 Reopening, Usai Diverifikasi Tim Gugus Tugas Covid-19

Foto: Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si saat meninjau protokol kesehatan di Jatim Park 3. (Eko Sabdianto)

BACAMALANG.COM – Di tengah pandemi Covid-19 Jawa Timur (Jatim) Park 3, atau yang lebih dikenal Dino Park, salah satu destinasi wisata buatan yang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno, No.112, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Rabu (15/7/2020) hari ini siap dibuka.

Reopening itu langsung dibuka oleh Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si yang didampingi Wakil Wali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso, bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK, Kajari Batu Sri Heny Alamsari, S.H., M.H, Pabung beserta jajaran SKPD di lingkungan Pemkot Batu.

Sebelum dibuka, Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si meninjau langsung terkait dengan protokol kesehatan yang ada di dalam wahana wisata tersebut.

Budhe, sapaan akrabnya dalam kesempatan reopening menyampaikan, bahwa pembukaan kembali destinasi wisata buatan Jatim Park 3, setelah sebelumnya diverifikasi oleh Tim Gugus Tugas Covid-19.

“Ya, jadi apa yang sudah di verifikasi oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, memang layak untuk dibuka, sampai tadi di ruangan isolasi juga sudah kita lihat dan sudah di lakukan persiapan dengan sangat baik sekali. Mudah-mudahan, setelah dibuka mampu menyedot wisatawan kembali,” katanya usai meninjau protokol kesehatan di Jatim Park 3.

Menurut Politikus PDIP ini, protokol kesehatan di tempat wisata buatan tersebut dinilai sudah cukup bagus, namun pihaknya juga bakal terus selalu memantau.

“Walaupun sudah bagus, nantinya Tim Gugus Tugas tetap harus memantau kondisi di lapangan. Kami juga akan melakukan pendampingan tentunya. Apalagi, masih adanya berbagai aturan terkait protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh para pengelola pariwisata,” ujar dia.

Mantan None Jakarta ini juga berharap, dengan dibukanya Jatim Park 3, Dino Park, akan bisa kembali menggerakkan roda perekonomian masyarakat di Kota Wisata Batu.

“Semoga dengan dibukanya tempat wisata Jatim Park 3 ini, ekonomi Kota Batu bisa bangkit lagi seperti sedia kala dan lebih maju lagi nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Marketing Manager Operasional & Public Relation Jatim Park Group, Titik S. Ariyanto menyampaikan, bahwasanya Jatim Park 3, sudah menerapkan fasilitas dengan protokol kesehatan di dalamnya.

“Jadi semua staf maupun karyawan disini sebelum masuk, mereka harus mencuci tangan terlebih dahulu dan tak lupa juga harus selalu memakai masker. Pun halnya berlaku juga bagi setiap wisatawan yang berkunjung kesini,” ucap dia.

Kemudian, lanjut Titik, juga dilakukan cek suhu tubuh, serta penyemprotan desinfektan di setiap kendaraan wisatawan.

“Dan itu sudah diberlakukan sejak awal mulai dari pintu masuk. Selain itu, penggunaan masker serta hal lainnya yang diatur dalam protokol kesehatan kami lalukan dengan ketat,” pungkasnya.

Pantauan awak media, protokol kesehatan di tempat wisata buatan tersebut memang telah diterapkan. Hal itu terlihat, manakala dari rombongan para pejabat teras kala memasuki lokasi andalan di Kota Batu ini. (eko/red)