Civitas UB Ajari Masyarakat Jambi Olah Limbah Kulit Pinang

Foto: KKN Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya. (Ist)

BACAMALANG.COM – Tim Doktor Mengabdi (DM) dari Universitas Brawijaya (UB) mengajari masyarakat Jambi memanfaatkan limbah kulit buah pinang menjadi barang yang berguna.

Koordinator DM Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UB, Hendrix Yulis Setyawan, STP, M.Si, PhD, menjelaskan, bahwa Doktor Mengabdi merupakan salah satu bagian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Brawijaya yang bersifat komprehensif, bermakna, tuntas dan berkelanjutan.

“DM UB bertujuan untuk meningkatkan daya saing, penerapan iptek dan perbaikan tata nilai di masyarakat. Kegiatan KKN kolaboratif ini merupakan langkah awal kolaborasi antara UB dengan UNJA”, katanya, Kamis (15/10).

Hendrix menyebut, kegiatan KKN yang dilakukan secara luring dengan melibatkan lima mahasiswa dari UB, serta tujuh mahasiswa dari UNJA itu berlokasi di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Dikatakan, Kecamatan Betara memiliki potensi dan masalah terkait pemanfaatan limbah kulit pinang. Sehingga tim DM UB melakukan inisiasi program utama yakni pemanfaatan limbah kulit pinang menjadi asap cair.

“Selain itu, tim DM UB beserta mahasiswa KKN UB melakukan pemetaan potensi pinang, pembentukan brand image produk-produk UMKM seperti permen pinang dan kopi liberika, pendampingan izin pangan pada UMKM dan pengembangan sarana pemasaran produk UMKM di Kecamatan Betara melalui media sosial”, terang Hendrix.

Seluruh program inisiasi tersebut dilaksanakan secara kolaboratif dengan tim dari UNJA. Tak hanya itu, mahasiswa UB juga terlibat aktif pada kegiatan tersebut. Mahasiswa juga mengikuti serangkaian kegiatan dimulai dari pembekalan sepurtar kegiatan KKN DM, pelepasan mahasiswa KKN, mediasi dengan pihak masyarakat dan lembaga terkait di wilayan KKN. Lebih dari itu, mereka juga mempresentasikan program kerja DM UB di Kecamatan Betara bersama dengan e-medical dan LPPM UNJA.

Dia berharap kegiatan KKN Kolaboratif antara UB dan UNJA ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan penjualan pinang dan produk UMKM di Kecamatan Betara. (Lis/red)