Pjs Bupati Malang Sebut Wilayahnya Miliki Potensi Bencana High Level

Pjs Bupati Malang, Sjaichul Ghulam (paling kanan) melihat peta potensi kerawanan bencana di Kabupaten Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Kabupaten Malang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang sangat rawan terjadinya bencana. Potensi bencana di kabupaten berpenduduk hampir tiga juta jiwa terbilang lengkap.

Mulai dari potensi bencana tanah longsor hingga tsunami. Hal ini mengingat kondisi topografi wilayah Kabupaten Malang yang didominasi perbukitan ditambah keberadaannya yang menghadap langsung Samudera Hindia.

“Melihat kondisi topografi Kabupaten Malang yang terdiri dari kawasan pegunungan dan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, tidak heran jika Kabupaten Malang memiliki kerawanan bencana kategori tinggi,” ujar Penjabat sementara Bupati Malang, Sjaichul Ghulam, disela-sela apel siap siaga bencana hidrometeorologi di Makodim 0818 Jalan Panji Kepanjen, Kamis (15/10/20).

Pria yang akrab disapa Abi Lawang menambahkan, mitigasi bencana harus diperkuat di segala lini sektor.

“Harus menjadi perhatian kita semua untuk memperkuat sistem mitigasi bencana. Sudah menjadi tugas semua komponen untuk bekerja semaksimal mungkin, mengantisipasi terjadinya bencana,” tegas Abi.

Abi pun melihat, Kabupaten Malang sudah sangat siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Baik dari sisi peralatan maupun sumber daya manusia.

“Saya juga apresiasi keberadaan kampung tangguh bencana di Kabupaten Malang. Diharapkan, ada partisipasi aktif masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya yang ada di lingkungan setempat,” Abi mengakhiri. (mid/yog)