Test Drive E Bike SMK Nasional, Ini Komentar Wawalikota

Foto: Wawali Sofyan Edi Jarwoko saat tes drive E-bike produksi siswa SMK Nasional, Selasa (15/12/2020). (ist)

BACAMALANG.COM – Usai melakukan test drive E-Bike karya SMK Nasional, dari rumah menuju tempat kerja, Wawalikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memberikan masukan.

“Secara umum sudah bagus. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki atau disempurnakan. Satu diantaranya penempatan kotak elektrik yang kurang comfort,” tegas Sofyan Edi Jarwoko.

Seperti diketahui, Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengawali giat dinas dengan melakukan test drive E-Bike karya siswa SMK Nasional (Selasa, 15/12 ’20).

Berangkat dari rumah dinas di jalan Dieng 16 menuju Balaikota, Bung Edi mengayuh E-Bike tipe sepeda gunung didampingi ajudan.

Inovasi di Tengah Pandemi

“Ini memang saya diminta untuk menguji setelah Sabtu kemarin (12/12 ’20) Kami resmikan peluncuran prototype produk Gas Bike dan E-Bike SMK Nasional. Dan ini luar biasa, satu inovasi di tengah tengah pandemi lahir kreatifitas yang sangat cerdas dari pelajar kota Malang. Ini saya gunakan tipe mountain bike, cukup ringan bergerak cepat dengan kapasitas 70 km/jam dan semua sudah digital dari kilometer jangkau, lampu serta 5 tingkat akselerasi percepatan. Saya gunakan gigi 3 saja sudah bergerak cepat, “ungkap Bung Edi, demikian Wawali akrab disapa.

Menurut alumni Universitas Merdeka Malang tersebut, E-Bike diharapkan bisa dipakai sebagai alternatif transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan di wilayah Kota Malang.

“Patroli antar kampung bisa dilakukan dengan menggunakan e-bike untuk menjaga keamanan ketertiban. Bisa juga dilakukan di kampung-kampung tematik, seperti kunjungan wisata lain di Malang, mulai dari Kayutangan Heritage, Kampung Warna-warni, Kampung Tridi, hingga ke Pasar Burung Splendid. E-Bike membuat udara semakin bersih dan hemat energi. Ini bisa jadi lahan usaha,” pungkas Sofyan Edi Jarwoko. (*/had)