16 Tersangka Kasus Narkoba, Berhasil Ditangkap Polres Batu

Foto : Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK, menunjukkan barang bukti, saat konferensi pers di halaman Mapolres Batu. (ist)

BACAMALANG.COM – Dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan mulai 22 Januari 2020, sampai saat ini Polres Batu berhasil mengungkap sebanyak 10 kasus narkoba, ditambah 2 dari Polsek Bumiaji. Jadi total ada 12 Polres Batu dengan jajaran dengan total 16 orang tersangka sedangkan 2 orang dari Polsek Bumiaji yang 14 orang ditangani Polres Batu.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Batu AKPB Harviadhi Agung Pratama, SIK, MIK pada saat konferensi pers di Mapolres Batu
Jalan A.P. III Katjoeng Permadi No. 16, Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jumat (21/2/2020).

“Total barang bukti keseluruhan dari 10 kasus yang berhasil diungkap Polres Batu barang bukti sabu seberat 20,32 gram. Dengan asumsi apabila harga jual sabunya per gram 1.200.000. Itu berarti total sabu yang diungkap kurang lebih seharga 24.384.000. Kemudian dengan asumsi apabila satu gram sabu dapat dipakai atau digunakan oleh lima orang maka Polres Batu berhasil menyelamatkan 102 orang dari bahaya penyalahgunaan narkotika jenis sabu,” kata Harvi sapaan akrabnya.

Kemudian, ia paparkan untuk tersangka dari Polsek Bumiaji sendiri dengan total barang bukti pil dobel L sebanyak 403 butir.

“Apabila asumsi lima butir pil dobel L itu dipakai satu orang, itu berarti sekitar 280 jiwa yang bisa kita selamatkan dari penyalahgunaan pil dobel L,” bebernya.

Sekadar diketahui, dari 14 orang tersangka 5 orang sebagai pengedar, 8 orang sebagai kurir dan 1 orang sebagai pemakai. LP (laporan polisi) kejadian pertama pada 22 Januari 2020 TKP (tempat kejadian perkara) di Desa Sidomulyo, Kota Batu, dengan tersangka inisial MNP sebagai pengedar.

Kemudian 2 Februari di Desa Temas, Kota Batu dengan tersangka berinisial MN alias Y dengan IOE dua orang sebagai kurir dan pemakai. Yang keempat pada 4 Februari di Kelurahan Sisir, Kota Batu tersangka B sebagai kurir, kelima 11 Februari TKP di Ngaglik, Kota Batu tersangka DED pengedar, keenam 11 Februari di Mojorejo, Kecamatan Junrejo tersangka THM dan TAM sebagai kurir dan penggedar.

Ketujuh 17 Februari di Mojorejo, Kecamatan Batu, tersangka ET sebagai kurir, kedelapan 17 Februari di Bumiaji, Desa Giripurno tersangka 2, inisial K dan W sebagai kurir dan pengedar.

Kesembilan 17 Februari di Temas inisial MFCA sebagai kurir, dan kesepuluh 18 Februari di Dusun Sengonan Bumiaji inisial Aa sebagai kurir. Kemudian yang dari Polsek Bumiaji pada 24 januari di depan SPBU Pandanrejo tersangka inisial ARP, barang bukti pil dobel L atau pil koplo kemudian ditangani Polsek Bumiaji 28 januari di Desa Pandanrejo tersangka inisial EC total 16 tersangka. (Eko)