Pelantikan Sanusi-Didik Ditunda, Wahyu Hidayat Jadi Plh Bupati

Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin saat memberikan keterangan kepada wartawan (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat ditunjuk sebagai Pelaksana harian atau Plh Bupati Malang.

Penunjukan Wahyu ini seiring ditundanya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto.

“Jadi terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yang sedianya 17 Februari kan diundur. Jadi mulai tanggal 18, Pelaksana harian-nya adalah saudara Sekretaris Daerah,” kata Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin, Selasa (16/2/2021).

Politikus Partai Nasdem ini menerangkan, pelantikan Sanusi-Didik menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi. Diperkirakan, pelantikan akan dilaksanakan akhir bulan ini.

“Pertimbangannya, menunggu beberapa sengketa di Mahkamah Konstitusi. Kemungkinan besar nanti pelantikan serentak semuanya,” terangnya.

Sodikul pun menyebut, penundaan pelantikan Sanusi-Didik tidak begitu berpengaruh pada jalannya roda pemerintahan. Namun, tanpa kehadiran Bupati dan Wakil Bupati definitif juga tidak bisa dianggap sepele karena berkaitan dengan penentuan kebijakan.

“Saya pikir tidak ada masalah ya. Kami hanya menunggu penetapan Mahkamah Konstitusi saja. Kalau terlalu lama juga berdampak, karena Plh ini kewenangan sejauh mana berbeda dengan Bupati yang definitif,” Sodikul mengakhiri. (mid/yog)