Gus Ali Minta Pemda Pro-aktif Tangani Covid-19

Anggota DPR RI fraksi PKB, Ali Ahmad (Instagram/gusaliahmad)

BACAMALANG.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Ali Ahmad ingin agar pemerintah daerah benar-benar serius dalam menangani virus corona alias Covid-19.

Pria yang akrab disapa Gus Ali ini mengatakan, pemerintah daerah harus pro-aktif dalam penanganan Covid-19.

“Pemerintah harus pro-aktif melakukan langkah preventif atas penyebaran corona dan penanganannya,” kata Gus Ali, Senin (16/3/2020).

Pria yang duduk di Komisi XI DPR RI ini menambahkan, sosialisasi kepada masyarakat juga harus terus dilakukan pemerintah daerah. Sosialisasi baik dari segi pencegahan ataupun hal-hal lain yang dinilai mendesak.

“Sosialisasi dan edukasi secara masif kepada masyarakat perlu juga digencarkan. Tentunya dengan cara-cara yang tepat sehingga tidak menimbulkan kepanikan dan dapat memberikan ketenangan di masyarakat,” Gus Ali menerangkan.

Selain itu, anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur V Malang Raya tersebut menuturkan bahwa tenaga medis harus disiagakan.

“Mobilisasi dokter, teknisi laboratorium, paramedis dan lain-lain harus dipastikan tersebar di semua daerah yang dinilai rentan. Pemerintah daerah juga harus memastikan ketersediaan kamar rumah sakit yang cukup, dan menyiapkan tempat yang dapat dikonversi sebagai rumah sakit darurat,” jelasnya.

Terakhir, pria yang juga menjabat Ketua DPC PKB ini meminta kepada masyarakat agar tidak gusar. Dia ingin, masyarakat terus mengikuti perkembangan dan arahan dari pemerintah. (mid/yog)