Menjadi Maba IKIP Budi Utomo, Ini Kesan Pemain Persijap Jepara

Foto: Prosesi Sambut Mahasiswa Baru (SAMBA) 2020 di kampus IKIP Budi Utomo Malang, Kamis (16/7/2020). (nedi putra aw)

BACAMALANG.COM – Skill saja tidak cukup, harus dipadukan dengan kemampuan di bidang akademik. Itulah salah satu alasan para atlit yang tetap menuntut ilmu selain menjadi pemain profesional. Salah satunya adalah pemain Persijap Jepara Yericho Christiantoko, yang menjalani prosesi penerimaan mahasiswa baru di kampus IKIP Budi Utomo (IBU) di jalan Citandui Malang, Kamis (16/7/2020).

“Rasanya sedih juga, karena tidak bisa bertemu langsung dengan teman-teman baru,” ungkapnya usai prosesi.

Namun pemain kelahiran Malang ini tetap semangat mengikuti prosesi dan memilih opsi nantinya akan kuliah secara online. “Karena posisi saya nantinya akan lebih banyak di Jepara,” imbuh alumnus Akademi Arema ini.

Mantan pemain Timnas U-16 ini mengaku dari kuliah ini punya bekal untuk menjadi guru olahraga atau pelatih setelah pensiun menjadi pemain bola. “Apalagi senior saya seperti mas Bustomi (Ahmad Bustomi) dan mas Arif (Arif Suyono) merupakan alumni kampus ini,” tegasnya.

Selain Yericho, pemain Persis Solo Iman Budi Hernandi juga menjadi mahasiswa baru IBU. Rektor IBU DR. H. Nurcholis Sunuyeko M.Si menuturkan, penerimaan mahasiswa baru bertajuk “SAMBA 2020” yang berarti Sambut Mahasiswa Bari 2020 ini digelar sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

“Mulai, masker, ruang terbuka, jaga jarak dan bergiliran, prinsipnya kami sangat menjaga durasi dan space selama prosesi,” ungkapnya.

Dan yang unik, masker kesehatan mahasiswa baru ini dibuat sesuai dengan wajahnya.
“Jadi mereka tidak perlu menurunkan masker untuk melihat bwajah temannya,” kata dia.

Nurcholis menambahkan, prosesi awal ini merupakan Episode pertama, yang akan berlanjut dengan Episode-episode selanjutnya. “Yang penting para mahasiswa mempunyai semangat untuk menjalankan proses akademik dengan standar pendidikan tinggi secara nasional,” tandas Nurcholis. (ned/red)

Lihat juga video berikut: