Langgar Protokol Kesehatan, Siap-siap Disambangi Tim Covid Hunter

Forkopimda Kabupaten Malang melepas keberangkatan tim Covid Hunter di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Beragam upaya dilakukan aparat berwenang untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.

Sanksi mulai dari teguran lisan hingga pengenaan denda diterapkan untuk membuat masyarakat jera dan patuh terhadap protokol kesehatan.

Belakangan ini, banyaknya masyarakat yang acuh tak acuh terhadap protokol kesehatan membuat aparat penegak hukum mengambil langkah tegas. Seperti Polres Malang. Mereka membentuk tim Covid Hunter untuk menyambangi para pelanggar protokol kesehatan.

Malam ini, bertempat di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang, tim yang berisi anggota Polres Malang, Kodim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu, dan Satpol PP itu, resmi diluncurkan untuk menertibkan masyarakat yang bandel terhadap protokol kesehatan.

Keberadaan Covid Hunter didukung penuh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Malang, yang terdiri dari Kapolres AKBP Hendri Umar; Dandim 0818 Letkol Inf Yusub Dody Sandra; Bupati HM Sanusi; Kepala Kejaksaan Negeri Edi Handojo; dan Kepala Pengadilan Negeri Ronald Salnofri.

“Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan ini dibentuk Forkopimda Kabupaten Malang, dimana kita semua sepakat harus bertindak lebih tegas,” kata Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, Rabu (16/9/2020).

Tim Covid Hunter sendiri mengawali aksinya dari Kecamatan Gondanglegi. Selanjutnya, tim ini bakal ke seluruh wilayah Kabupaten Malang untuk menertibkan para pelanggar protokol kesehatan.

“(Denda, red) akan kita lihat eskalasinya. Kita sudah punya aplikasinya, dimana di aplikasi tersebut sudah ada data semua, pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan masyarakat. Kalau sudah pernah pertama kali diberikan teguran, kita akan tingkatkan kepada pengenaan denda,” terang Hendri. (mid/yog)