Tingkatkan Penghasilan Petani Kopi Merah, Pemdes Jambuwer Support Lewat DD

Foto : Kades Jambuwer Kromengan Tuwuhadi. (had)

BACAMALANG.COM – Pemerintahan desa (Pemdes) Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang, berupaya membantu gabungan kelompok petani (Gapoktan) kopi merah Desa lewat bantuan Dana Desa (DD) untuk meningkatkan penghasilan.

Hal ini dikatakan Kepala Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang Tuwuhadi kepada media, Senin (17/2/2020).

“Kami berkomitmen membantu meningkatkan penghasilan petani kopi merah dengan mengalokasikan bantuan lewat dana desa,” tegas Tuwuhadi.

Ia mengungkapkan, selama ini salah satu potensi yang menonjol adalah komoditi kopi merah yang dikelola petani kebun kopi di desanya.

Dikatakannya, pihaknya sudah berupaya menjembatani atau memfasilitasi dengan memback up lewat kegiatan pelatihan untuk memaksimalkan usaha dari dana desa.

Dijelaskannya, upaya fasilitasi tersebut diarahkan kepada usaha bantuan lewat dinas terkait dan juga upaya mandiri desa Jambuwer.

“Kami selaku pemdes telah mengalokasikan bantuan yang tercantum dalam APBDES lewat dua kegiatan program dari dana desa,” terang Tuwuhadi.

Diungkapkannya, program bantuan pertama adalah bantuan lewat pembangunan (pendirian) tempat pengolahan kopi pasca panen.

Kedua adalah bantuan pembuatan kedai kopi yang baru dibangun dan belum ditempati.

Dipaparkannya, pihaknya telah mengalokasikan dari DD tidak kurang dari Rp 200 juta untuk bantuan kepada petani kopi merah Desa Jambuwer.

“Alhamdulillah adanya bantuan tersebut disambut positif petani kopi disini. Diharapkan dengan adanya bantuan itu bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi petani kopi,” pungkas Tuwuhadi. (had).