Dapur Umum Pos Covid-19 di Kota Batu, Sinergitas TNI-Polri

Foto: Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK, saat diwawancarai awak media. (Eko)

BACAMALANG.COM – Ditengah pandemi wabah virus Corona, Polres Batu bersama Kodim 0818 Malang, bersinergi mendirikan dapur umum dengan tagline “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Dapur umum yang bertempat di halaman Mapolres Batu, Jalan AP lll Katjoeng Permadi, No.16, Kecamatan Junrejo, Kota Batu tersebut, setiap harinya menyediakan 100 sampai 200 nasi kotak, hasil kolaborasi antara TNI-Polri dan Pemerintah Kota Batu.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK, mengatakan, bahwasanya keberadaan dari dapur umum ini di khususkan bagi warga masyarakat Kota Batu yang terdampak Covid-19.

“Polres Batu peduli sesama, berbagi di tengah pandemi Covid-19. Dan ini hasil bentuk sinergitas antara TNI-Polri dan Pemerintah Kota Batu,” kata Harvi sapaan akrabnya, saat diwawancarai awak media, Jumat (17/4/2020).

Menurutnya, tujuannya adalah untuk membantu warga masyarakat, yang saat ini sedang terdampak pandemi Covid-19.

“Dan nantinya, akan kita laksanakan proses pembuatan makanan jadi. Kemudian pengemasan, setelah itu akan kita distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap dia.

Alumnus AKPOL 2001 ini menambahkan, bagi masyarakat yang berpenghasilan harian maupun lansia, utamanya yang merasakan imbas dari pandemi Covid-19, bisa terbantukan dengan adanya dapur umum tersebut.

“Ya, dengan adanya dapur umum ini, nantinya bisa meringankan beban ekonomi bagi warga masyarakat yang terdampak. Oleh karena itu, masyarakat silahkan datang ke dapur umum ini. Kami nantinya akan menyiapkan makanan berupa nasi kotak dan jajanan berupa gorengan setiap harinya,” imbuhnya.

Mantan ajudan Kapolda Jatim di era Drs. Machfud Arifin, S.H ini juga mengimbau kepada masyarakat Kota Batu, untuk tetap selalu menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi anjuran dari pemerintah soal physical distancing.

“Kepada masyarakat, diharapkan selalu mejaga kesehatan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Salah satunya menerapkan pola hidup sehat, dengan cara rutin cuci tangan, hindari kerumunan, dan selalu mengenakan masker demi pencegahan akan penyebaran dari Covid-19,” pungkas dia. (Eko)