Orientasi Mahasiswa Baru BINUS UNIVERSITY di Tengah Pandemi Covid-19

Foto: Kegiatan orientasi mahasiswa baru, First Year Program (FYP) BINUSIAN 2024 serentak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Malang yang digelar secara daring (Online). (ist)

BACAMALANG.COM – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, BINUS UNIVERSITY mengadakan kegiatan orientasi mahasiswa baru yang dinamakan First Year Program (FYP) BINUSIAN 2024 serentak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Malang.

Dalam kondisi pandemi COVID-19, kegiatan FYP tahun ini sangat berbeda, diselenggarakan secara daring (Online). Tujuan dari kegiatan penyelenggaraan FYP tahun ini adalah agar Freshmen B2024 dapat memahami nilai-nilai BINUSIAN, berperan aktif dalam aktivitas kemahasiswaan, memahami sistem perkuliahan, mengenal lingkungan BINUS UNIVERSITY untuk membentuk kecintaan dan kebanggaan menjadi komunitas BINUSIAN. Membangun dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memberdayakan masyarakat dengan menunjukkan kepedulian kepada sesama dan lingkungan. Kegiatan ini juga mendorong agar Freshmen B2024 dapat lulus tepat waktu serta memenuhi Graduate Attributes.

Kegiatan orientasi mahasiswa baru ini merupakan fase pertama dari 5 fase dalam proses pengenalan serta transisi sistem belajar di kampus. Fase yang pertama adalah Orientation & Transition Program (OTP), fase kedua adalah Week of Welcoming, fase ketiga adalah Inaugurasi, fase keempat adalah academic experience, dan yang terakhir adalah Excellence Program.

“Yang menarik adalah kegiatan orientation & transition program ini dilaksanakan secara full online dan mengoptimalkan semua tools digital yang ada saat ini. Diyakini para Freshmen sebagian besar adalah digital native yang dapat beradaptasi dengan cepat bahkan melebihi para dosennya yang terlahir bukan dalam era digital”, tutur Robby

Saleh, Ketua Umum First Year Program BINUSIAN 2024 di Jakarta belum lama ini. Disamping otimalisasi dalam teknologi digital dan online, kegiatan FYP turut mengedepankan pendekatan personal kepada setiap mahasiswa baru dengan melibatkan kakak Kelas yang disebut Freshmen leader dan Freshmen Partner untuk secara aktif membimbing dan mendampingi mahasiswa baru pada setiap sesi FYP. Freshmen leader akan mendampingi mahasiswa baru sejak masa orientation & transition program hingga masa inaugurasi. Sedangkan selama 2 semester di awal perkuliahan, mahasiswa akan
didampingi oleh Freshmen Partner.

BINUS UNIVERSITY tidak hanya mengedepankan pola-pola pengajaran dalam hal akademik, namun juga pengembangan karakter, quality of life, pengalaman hidup mahasiswa. Di satu sisi memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi, namun tidak melupakan interaksi dengan mengedepankan protokol secara ketat sesuai dengan kenormalan baru.

Program ini dirancang khusus dan di bawah pengawasan langsung oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. (Rector of BINUS UNIVERSITY) dan Johan, S.Kom., MM (Vice Rector of Student Affairs and Community Development) yaitu bagian kemahasiswaan di BINUS UNIVERSITY. (ned/red)