Siapkan 500 Miliar, Tahun Depan Bangun SPAM di Malang Selatan

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi mendampingi Bupati Malang, HM Sanusi melihat kondisi Sungai Lesti di Bantur (ist)

BACAMALANG.COM – Anggaran sebesar Rp 500 miliar disiapkan untuk pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM di wilayah Malang Selatan.

Anggaran tersebut berasal dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Keberadaan SPAM nantinya diklaim mampu memenuhi kebutuhan air bersih di tujuh kecamatan. Diantaranya, Bantur, Gedangan, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan, Pagak, dan Kalipare. SPAM dibangun di sekitar aliran Sungai Lesti.

“Kalau prosentasenya, 30 persen pemerintah daerah dan 70 persen sisanya, antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” kata Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, ketika meninjau Sungai Lesti di Kecamatan Bantur, Kamis (17/9/2020).

Syamsul pun menyebutkan, ada 50 ribu calon pelanggan yang berminat mendapat layanan dari SPAM itu. Ditargetkan, pada 2023 mendatang, SPAM sudah beroperasi.

“Sudah ada kajian dan survei, ada 50 ribu yang berminat menjadi pelanggan untuk bisa memanfaatkan SPAM ini,” terangnya.

Lebih detail Syamsul menjelaskan, SPAM yang akan mulai dibangun tahun depan memiliki kapasitas antara 500 hingga 1.000 liter per detik.

“Berdasarkan kajian yang sudah dilakukan ya sangat mampu sekali,” Syamsul mengakhiri. (mid/yog)