Unik! HUT Kota Batu Ke-19, Budhe Tanam Pohon Gunakan Excavator

Foto: Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si saat mengemudikan excavator untuk menanam pohon pada HUT Kota Batu ke-19. (Eko)

BACAMALANG.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batu Ke-19 tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, usai menggelar apel pagi di Balai Kota Among Tani, Pemkot Batu, Wali Kota Batu, Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si melakukan penanaman pohon di kawasan Jalan Panglima Sudirman, Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu, pada Sabtu (17/10/2020) siang.

Menariknya, Wali Kota perempuan pertama di Malang Raya ini melakukan penanaman pohon dengan menggunakan alat berat excavator. Dan uniknya, kendaraan berat tersebut dioperasikannya sendiri.

Jelas hal itu berbeda, mengingat jika biasanya Politisi PDIP ini melakukan prosesi menanam pohon dengan menggunakan cangkul, kali ini Ia mengangkut tanah dengan menggunakan excavator untuk menimbun pohon yang akan ditanam di depan restoran De Bamboo.

“Aku wedi kebablas,” kata Budhe sapaan akrabnya sambil mengelus dada, usai melakukan prosesi penanaman pohon Sepatu Dea (Spathodea), atau atau lebih dikenal dengan nama pohon Kecrutan.

Dalam kegiatan acara yang bertajuk “1 Nama 1 Pohon” tersebut, mantan None Jakarta ini mengungkapkan tujuan penanaman pohon kali ini adalah untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat, untuk secara bersama-sama melakukan penghijauan di Kota Batu.

Dalam kesempatan ini, Pemkot Batu menyediakan 15 ribu bibit pohon. Rencananya, kegiatan penanaman pohon akan dilakukan berkelanjutan, hingga datangnya musim penghujan tiba.

Menurut orang nomor satu di jajaran Pemkot Batu itu, bahwa Kota Batu ini tempat sumbernya air. Bahkan, hulunya sungai brantas ini ada di Kota Batu. Untuk itu bukan tugas pemerintah saja, tetapi masyarakat Kota Batu secara keseluruhan punya tanggung jawab moral yang besar.

“Untuk bisa melestarikan dan menjaga agar sumber air yang ada di Kota Batu ini, agar tetap bisa keluar airnya dengan besar sumbernya. Untuk itu usaha yang kita lakukan antara lain adalah dengan cara menanam pohon,” tuturnya.

Kendati demikian, menantu almarhum Ebes Soegiono itu berharap di HUT Kota Batu ini, Kota Batu bisa lebih baik dari yang kemarin. Selain itu juga untuk mensejaterahkan masyarakat pemerintah Kota Batu punya usaha-usaha dan program-program yang dilakukan.

“Tetapi itu bisa berhasil baik, jika masyarakatnya ikut serta bersinergi membangun Kota Batu ini. Alhamdhulillah, saya merasa masyarakat Kota Batu sudah sangat kondusif, sudah mendukung Pemerintah Kota Batu. Mari kita sama-sama lebih menggiatkan itu, supaya pembangunan ini berjalan dengan lancar dan masyarakatnya lebih sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji yang datang sebagai tamu undangan, turut mengucapkan dirgahayu kepada Kota Batu yang berulang tahun ke-19.

“Angka 19 merupakan angka yang keramat. Semoga Kota Batu, sebagai bagian dari tiga wilayah Malang Raya, dapat membawa kesuksesan, baik untuk Malang Raya maupun bagi Indonesia,” harap Sutiaji.

Pada giat penanaman pohon juga dihadiri Wakil Wali Kota Ir. H. Punjul Santoso, MM, Kapolres Batu Harviadhi Agung Pratama, SIK., MIK, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0818 Mayor Arm. Choirul Efendi, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Sekretaris Daerah Pemkot Batu Zadiem Effesiensi, anggota DPRD Kota Batu, beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sekadar diketahui, usai melaksanakan upacara peringatan HUT Kota Batu di halaman Balai Kota Among Tani Pemkot Batu, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si bersama dengan seluruh Forkopimda melanjutkan penanaman pohon ke beberapa titik di Kota Batu. (Eko)