Sinergi dengan BPJS Kesehatan, Krisdayanti Bentuk Relawan BPJS

Foto: Warga berfoto bersama anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti saat sosialisasi Program JKN-KIS BPJS Kesehatan di Pendopo Kantor Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Senin (16/11/2020). (ned)

BACAMALANG.COM – Luasnya wilayah di Kabupaten Malang kerap menjadi kendala pelaksanaan Program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Hal ini membuat anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti bersinergi dengan BPJS Kesehatan Cabang Malang dengan membentuk relawan.

“Koordinator Desa (Koordes) dan Koordinator Kecamatan (Koorcam) di dapil saya itu akan menjadi relawan BPJS Kesehatan,” ungkap Krisdayanti saat sosialisasi Program JKN-KIS di Pendopo Kantor Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Senin (16/11/2020).

Wanita yang akarab disapa KD ini mengatakan, pembentukan koordes dan koorcam sebagai relawan BPJS Kesehatan ini sebagai upaya menekan kesimpangsiuran informasi JKN di antara warga. “Seperti tentang pelayanan BPJS, kenaikan iuran, adminsitrasi dan lain-lain,” terangnya.



Ia menambahkan, para relawan ini akan mendapat edukasi dan sosialisasi dari BPJS Kesehatan, sehingga mereka bisa memberikan informasi secara benar di lingkungannya.

KD juga menguraikan ada sejumlah persyaratan menjadi relawan, yang notabene adalah kepanjangan tangan BPJS. Ia menuturkan, rumah mereka bisa menjadi posko, namuin tentu sajha setelah mendapat edukasi dari BPJS dan izin dari suami atau keluarga.
“Selain itu tidak boleh memakai atribut kepartaian, entah itu merah, hijau atau lainnya,” tegasnya.

KD juga menjelaskan bahwa menjadi relawan itu keren karena mengedepankan semangat gotong royong. “Semoga ide ini bisa dicontoh oleh anggota dewan lainnya,” harapnya.

Sebagai mitra kerja BPJS Kesehatan, KD juga minta agar BPJS Kesehatan melakukan cleansing data bagi penerima PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial, agar penerimanya tepat sasaran.

Sosialisasi tersebut berlangsung aman dan tertib, namun sempat diwarnai kehebohan warga yang ingin berfoto bersama anggota DPR yang juga salah satu diva Indonesia ini.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata mengapresiasi KD sebagai anggota Komisi IX DPR RI di dapilnya, karena untuk mengedukasi masyarakat, tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPJS Kesehatan.

“Apalagi wilayah Kabupaten Malang sangat luas, sehingga dukungan danya 471 koordes Krisdayanti di Kabupaten Malang akan sangat membantu kami dalam menyampaikan informasi JKN-KIS ke masyarakat,” ujarnya.

Dina Diana Permata mengatakan, para relawan itu nantinya akan mengikuti ToT (Training of Trainer), agar dapat menyampaikan informasi secara benar dan optimal.

Senada dengan KD, Dina Diana Permata menjelaskan tentang prinsip gotong royong dalam program JKN-KIS. Jika masyarakat turut serta mendaftar, maka masyarakat akan mendapat perlindungan saat sakit, karena jika peserta ikut namun tidak sakit, maka iurannya bisa membantu yang sakit. “Jangan sampai saat sakit baru ikut, karena jika terlambat, maka akan ada risiko finansial,” tandasnya.(ned)

Warga berfoto bersama anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti saat sosialisasi Program JKN-KIS BPJS Kesehatan di Pendopo Kantor Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Senin (16/11/2020). (ned)