Gairahkan Spirit Usaha Kala Pandemi, Budidaya Lobster Layak Dicoba

Foto: Pelatihan budidaya Lobster bangkitkan spirit usaha kala pandemi. (ist)

BACAMALANG.COM – Meski pandemi, menjamurnya kemunculan spirit inovasi berbarengan dengan semangat optimisme usaha, layak mendapat apresiasi.

Selain usaha budidaya tanaman hias dan ikan Cupang yang marak, satu usaha budidaya lainnya yang layak dicoba adalah budidaya Lobster.

“Kami ingin mengajak bangkit dalam suasana pandemi ini untuk ikut budidaya Lobster. Alhamdulillah selama ini sukses Kami jalankan,” tandas Owner Hero Lobster Farm, Hendra Setiawan, Senin (18/1/2021).

Hendra menceritakan, pihaknya baru saja menggelar Pelatihan Budidaya Blitar Batch 1, pada Minggu 17 Januari 2021 kemarin.

Pelatihan ini melibatkan peserta calon mitra pembudidaya lobster dan Team HERO Farm. Sedangkan untuk Instruktur dilakukan Hendra sendiri.

Untuk peserta berjumlah sebanyak 10 orang berbayar (include dengan administrasi kemitraan).

Menstabilkan Kondisi

Hendra menjelaskan, tujuan pelatihan adalah untuk menstabilkan stok panen dan menyelaraskan produksi dengan kebutuhan pasar.

Target pelatihan adalah memberikan wawasan tentang budidaya Lobster dan basic untuk memulai budidaya Lobster.

Peserta mendapatkan berbagai perlengkapan dan fasilitas untuk memulai usaha budidaya Lobster.

Yakni meliputi : Kolam Terpal 2×0.5, indukan siap bertelur 10 ekor, pakan selama 1 bulan, Aerator, pelatihan di Farm, buku panduan, hasil panen siap tampung kembali, dan bimbingan sampai panen.

Hendra menjelaskan, untuk pembudidaya di Tuban dan Madura indukan Lobsternya sudah mulai bertelur dan mulai dari tahapan ini akan masuk ke fase-fase budidaya selanjutnya untuk memperoleh hasil produksi/panen.

“Harapan selanjutnya adalah saya Ingin mensukseskan mitra yang telah gabung dan terus membuka peluang usaha ini untuk yang lain,” pungkas Hendra. (had)