Pamerkan Olahan Sampah di HPSN, Gubernur Khofifah Apresiasi Lapas Klas I Malang

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tiga dari kiri) saat mengunjungi stan Lapas Klas I Malang (ist)

BACAMALANG.COM – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang yang memamerkan hasil olahan sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Taman Rekreasi Sengkaling, Selasa (18/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Lapas Klas I Malang memamerkan hasil olahan sampah sisa makanan yang dijadikan pakan ternak, pupuk organik dan lainnya. Selain itu, ada juga sabun, batik serta kerajinan tangan yang semuanya dari olahan sampah.

Seluruh produk yang dipamerkan itu merupakan hasil karya dari warga binaan Lapas Klas I Malang.

“Ibu Gubernur Jawa Timur mengapresiasi Lapas Klas I Malang yang sudah memberdayakan warga binaan untuk mendapat pelatihan, khususnya pemberdayaan sampah,” ujar Kepala Lapas Klas I Malang, Anak Agung Gede Krisna..

Ditambahkannya, tidak hanya Gubernur Jatim yang mengapresiasi apa yang dipamerkan Lapas Klas I Malang tersebut, namun masyarakat yang datang pada peringatan HPSN juga cukup antusias.

“Hasil karya warga binaan itu juga cukup menarik perhatian masyarakat yang hadir,” terangnya.

Lebih jauh, pria asli Pulau Dewata Bali ini berharap, warga binaan Lapas Klas I Malang bisa terus mengembangkan kreatifitasnya.

“Harapannya warga binaan menjadi tunas-tunas pengelola sampah, sehingga sampah bukan menjadi masalah tetapi menjadi barang produktif,” tukasnya. (mid/yog)