Situs Pendem, Bukti Kejayaan Masa Lalu Malang

Foto : Dr Sri Untari berkunjung ke Situs Pendem. (Hum)

BACAMALANG.COM – Situs Pendem adalah peninggalan sejarah berupa struktur batu bata kuno di Gang Keramat Dusun/Desa Pendem, Kecamatan Junrejo Kota Batu, menandakan kejayaan dan masa lalu bangsa ini sebagai bangsa yang beradab.

Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr. Sri Untari MAP, mengemukakan, temuan Situs Pendem bukti ada kejayaan masa lalu. Sebagai bangsa yang besar, sudah selayaknya untuk melestarikan sejarah dan peradaban bangsa di masa lalu. Karena sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya.

“Bung Karno pernah bilang, untuk menjadi bangsa yang besar maka kita tidak boleh melupakan sejarah,” tuturnya.

Dengan mengingat sejarah, maka otomatis akan memelihara budaya bangsa. Budaya asli bangsa Indonesia yang sudah ada sejak naman kerajaan dulu.

Selain itu, dengan mempertahankan budaya bangsa maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar dan beradab, bangsa yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Karena itu, wanita yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur itu, akan memperjuangkan kepada pemerintah untuk memberikan perhatian akan keberadaan Situs Pendem.

“Untuk memelihara Situs Pendem dan Situs-situs lain diperlukan keperdulian dari pemerintah. Karena itu, kami akan memperjuangkan agar pemerintah menyediakan anggaran untuk perawatan situs,” tuturnya.

Patut diketahui, Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan melakukan ekskavasi temuan struktur bata kuno. Dengan melihat penemuan ini harus mendapat perhatian pemerintah. Sehingga setiap peninggalan sejarah di Jawa Timur ini, bisa dilestarikan dan menjadi sarana belajar sejarah bagi masyarakat.

Sementara itu, Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Trowulan menuturkan bahwa ekskavasi yang dilakukan merupakan tahap kedua. Yang dimulai sejak tanggal 18-20. Dalam ekskavasi yang dilakukan seluas 8X8 meter. Dengan fokus penggalian ditempat penemuan awal struktur bata tepat di samping makam umum warga Pendem. Karena temuan adalah struktur bata dan batu-batuan yang diperkirakan tahun 1800-an. (Hum)