Suntikkan Spirit Wirausaha, Hendra Ingin Mitranya Sukses Budidaya Lobster Kala Pandemi

Foto : Suasana supervisi budidaya Lobster Air Tawar. (ist)

BACAMALANG.COM – Salah satu peluang usaha menjanjikan saat pandemi adalah budidaya Lobster Air Tawar. Meskipun membutuhkan ketekunan dan keuletan ekstra, namun jika diseriusi maka usaha ini bisa menjadi sumber nafkah yang bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

“Saya senang bisa berbagi dengan sesama. Beberapa Minggu ini Kami melakukan roadshow menjaring calon klien baru, supervisi dan silaturahim. Alhamdulillah banyak yang sudah berhasil melakukan budidaya,” tegas Owner Hero Lobster Farm, Hendra Setiawan, Kamis (18/2/2021).

Hendra menceritakan, pihaknya berkegiatan sebulan terakhir ini melakukan pelatihan di Kota Malang. Tepatnya di Sawojajar. “Karena kondisi air yang bagus dan antusias para calon Mitra Budidaya Lobster di Malang sangat tinggi. Akhirnya saya batasi pesertanya dan saya buat per Minggu,” terangya.

Kegiatan peninjauan sebulan ini, ia ke mitra di Pasuruan dan Pandaan. “Saat bepergian ke pelatihan di kota-kota yang saya jadwalkan akan saya sisihkan waktu untuk meninjau kolam atau median mitra yang sudah budidaya,” imbuhnya.

Ada saja temuan baru saat di lapangan. “Ada misal kendala teknis dan lainnya Masih di takaran makan dan cara pemberiannya. Karena rata-rata mitra baru yang saya jumpai. Akhirnya perlahan-lahan saya edukasi lagi tentang teknis budidayanya meski di awal pelatihan sudah saya jelaskan semuanya,” tuturnya.

Pentingnya Suntikan Motivasi

Perkembangan total se Indonesia, mencapai 500 mitra yang membeli produk darinya sampai sekarang ini. “Dari 500 mitra, 80% yang masih terhubung sampai sekarang. Karena memang budidaya lobster rata-rata baru. Kadang mereka hanya coba-coba saja. Dan prediksi saya 20%nya dia sudah berhenti karena hanya mencoba,” imbuhnya.

Ia mengatakan, omset panen dari seluruh mitra sekitar Rp 85 juta lebih rendah dari bulan sebelumnya. Karena efek hujan karena pada saat panen diusahakan 1 hari tidak hujan agar Lobster bisa survive saat pengiriman.

“Harapan terbesar saya adalah bisa melihat teman yang baru bergabung bisa mengikuti budidayanya dan tidak mudah putus asa. Saran saya untuk bisnis di saat pandemi ini adalah budidaya Lobster di rumah saja. Karena mudah dan praktis. Bagi yang ingin tahu info lebih bisa mengintip Facebook Budidaya Lobster,” pungkasnya. (had)