Kembangkan Layanan, Perumda Tirta Kanjuruhan Rampungkan 3 Sumur Bor

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang telah merampungkan pembangunan tiga unit sumur bor dalam tahun lalu.

Masing-masing sumur bor ini berada di Kecamatan Karangploso, Donomulyo, dan Pakisaji. Pembangunan sumur bor ini sendiri untuk mengembangkan pelayanan.

Dikatakan Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, bahwa tahun ini rencananya akan menambah lagi satu sumur bor. Namun, untuk mewujudkan itu masih ada kendala.

“Untuk yang tahun 2019 sudah kita laksanakan semua. Yang tahun 2020 ini baru perencanaan. Itu di Desa Jatisari, Pakisaji. Tapi ini baru sosialisasi sudah ada kendala. Kan ini yang mau dipakai tanah warga, karena disitu memang yang memenuhi, ada geolistriknya, tapi oleh Kepala Desa diarahkan ke tanah miliknya. Ya ini kan gak bisa, karena yang sesuai itu ada di tanah warga tadi,” kata Syamsul, Rabu (18/3/2020).

Menurut Syamsul, jika sumur bor di Jatisari ini dapat direalisasikan, akan berdampak pada penambahan pelanggan. Syamsul menargetkan, penambahan pelanggan ini bisa mencapai 80 persen.

“Pengeboran itu untuk pengembangan unit Pakisaji. Itu bisa melayani dari Jatisari sampai sekitar pasar Pakisaji. Ini kan memang untuk pengembangan, peningkatan layanan, pelanggan ini kan juga terus bertambah. Kalau asumsinya ini menghasilkan 10 liter per detik, bisa nambah 800 pelanggan. Kalau 20 liter per detik ya tinggal kalikan, kelipatannya,” tuturnya.

Ditambahkan Syamsul, jika rencana pengeboran itu tidak bisa terwujud, dia sudah menyiapkan alternatif lain untuk memenuhi pelayanan terhadap masyarakat.

“Alternatifnya, kalau tidak bisa, ya kita memompa air dari Sumber Ubalan. Kalau dari Ubalan itu kan nanti ada pipa dari Pakisaji, itu bisa di pompa,” pungkas Syamsul. (mid/yog)