Baru Direnovasi, Kondisi Pustu di Poncokusumo Memprihatinkan

Kondisi Pustu di salah satu desa di Poncokusumo yang memprihatinkan (ist)

BACAMALANG.COM – Puskesmas pembantu atau Pustu di salah satu desa di Kecamatan Poncokusumo kondisinya cukup memprihatinkan setelah di renovasi tahun 2019 lalu.

Di beberapa titik dinding bangunan terlihat berlumut dan atapnya pun bocor. Kondisi ini mendapat perhatian dari Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Malang.

Dikatakan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, bahwa Pustu tersebut seharusnya menjadi tempat yang nyaman bagi tenaga medis untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Seharusnya bangunan itu bisa digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat,” kata Darmadi, belum lama ini.

Selain mendapatkan atensi dari dewan, kondisi Pustu tersebut juga disorot Lembaga Swadaya Masyarakat alias LSM Pro Desa. Koordinator Badan Pekerja LSM Pro Desa, Achmad Khoesairi menyatakan jika pihaknya mendapatkan informasi bahwa tenaga medis enggan menggunakan fasilitas Pustu itu karena kondisinya memprihatinkan.

“Masak fasilitas kesehatan kondisinya tidak sehat,” ujar Khoesairi.

Khoesairi pun menyayangkan dengan kondisi Pustu itu yang hingga kini tidak bisa dioperasionalkan. “Baru direnovasi tahun lalu, tapi untuk kontraktor dan RAB (rencana anggaran biaya, red)-nya gak tahu. Seharusnya ada papan nama proyek itu,” ucapnya. (mid/yog)