Daftar Nama Cakada Diumumkan, Ini Target PDIP Jatim

Foto: Dr Sri Untari. (ist)

BACAMALANG.COM – Suasana pesta demokrasi bertajuk Pilkada Serentak 2020 saat ini kian terasa di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Suasana Pilkada lebih menguat pasca PDI Perjuangan mengumumkan beberapa calon kepala daerah (cakada) yang bakal maju pada pilkada 2020 mendatang.
       
Dr. Sri Untari Bisowarno MAP, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, mengungkapkan, pengumuman ini merupakan kali yang kedua, setelah pengumuman periode pertama pada 19 Februari 2020 silam.

Sebanyak enam daerah yang bakal menggelar pesta demokrasi pada tahun ini. Pemilihan calon kepala daerah di Jawa Timur diantaranya Kabupaten Kediri, Trenggalek, Mojokerto, Pasuruan, Blitar, dan Kota Pasuruan serta Kota Blitar. 

Untuk Kabupaten Kediri menampilkan Hanindito Himawan Pramana yang berpasangan dengan Dewi Mariya Ulfa. Kota Pasuruan mengusung Raharto Teno Prasetyo didampingi oleh H. Mochamad Hasjim Asjari.

Kota Blitar menampilkan Santoso yang berpasangan dengan Tjutjuk Sunario. Maju sebagai calon Kepala Daerah Kabupaten Trenggalek yakni M. Nur Arifin berpasangan dengan Syah Muhammad Natanegara. Sementara untuk Kabupaten Blitar, sebagai calon Kepala Daerah ialah Rijanto yang didampingi dengan Marhaenis.        

Sebelumnya di gelombang pertama, rekomendasi calon kepala daerah diberikan untuk Kabupaten Malang, Sumenep dan Ngawi yang disusul kemudian Banyuwangi.

“Total yang sudah diumumkan DPP di Jawa Timur ada 10 dari 19 calon kepala daerah,” ujar Sri  Untari, Sabtu (18/7).

Sri Untari menambahkan, sesuai rencana sembilan daerah lainnya termasuk rekomendasi calon kepala daerah akan diumumkan pada Agustus 2020 mendatang.

“Jika tidak ada kendala bulan Agustus, karena September sudah harus mendaftar ke KPU,” imbuh Sri Untari.

Untari yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, menjelaskan mereka yang mendapatkan rekomendasi sebagai calon kepala daerah dari PDI Perjuangan wajib mengikuti tahapan selanjutnya yakni seperti sekolah partai. Dalam proses itu calon Kepala daerah akan diberikan penekanan pada ideologi Pancasila serta implementasinya.

“Selain itu wajib menjalankan Dasa Prasetya yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat. Kami juga minta mereka menjalankan amanat dan menjadi motor dalam kehidupan berdasar Bhinneka Tunggal Ika,” beber Sri Untari.

DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menargetkan 13 kemenangan. Target ini masih sama seperti Pilkada 2015 yang lalu.

“Minimal kita targetkan 13, tetapi kalau dipercaya memenangkan lebih dari itu  kami sangat bersyukur Alhamdulilah,” pungkas Untari. (Lis/Red)