Malang Jejeg Adukan George Da Silva ke Polres Malang

Sam HC (empat dari kiri) bersama Gunadi Handoko (tiga dari kiri) didampingi Sam OT (lima dari kiri) usai konferensi pers perkara George Da Silva (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Tim kuasa hukum Malang Jejeg yang mengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malang perseorangan, Heri Cahyono alias Sam HC dan Gunadi Handoko, bakal mengadukan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva ke Polres Malang.

Pengaduan ini muncul karena tim Malang Jejeg merasa dirugikan atas statement George yang dimuat di salah satu media siber lokal Malang. Tim Malang Jejeg pun merasa tersudutkan atas statement George.

“Kami sudah ada upaya hukum. Kami akan mangadukan salah satu oknum Bawaslu Kabupaten Malang atas nama George Da Silva,” kata salah satu kuasa hukum Malang Jejeg, Gusti Agustian Siagian, Selasa (18/8/2020).

Hemat Gusti, George telah melanggar pasal 310 Kita Undang-undang Hukum Pidana tentang pencemaran nama baik. Tim kuasa hukum Malang Jejeg pun menyangkakan pasal 28 ayat 2 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE tentang ujaran kebencian.

Ketua Tim Kerja Malang Jejeg, Soetopo Dewangga menerangkan, atas statement tidak bertanggung jawab George itu membawa dampak yang luas.

“Seiring waktu karena kami sibuk verifikasi faktual, sampai hari ini tidak ada klarifikasi dari yang bersangkutan. Atas dasar itulah, karena menimbulkan kerugian bagi kami, salah satu rontoknya struktur kami, di tingkat desa banyak yang mundur. Karena statement George. Untuk itu kami adukan ke Polres Malang,” ucap Soetopo.

Dalam waktu dekat, lanjut Soetopo, Malang Jejeg juga akan melayangkan aduan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum atau DKPP.

“Insyaallah satu atau dua hari lagi kami akan laporkan ke DKPP. Menurut penilaian kami, George tidak profesional. Ini fitnah, faktanya tidak seperti itu,” ungkapnya. (mid/yog)