Turnamen Pencak Silat Internasional, Mahasiswa UMM Raih Peringkat 2

Foto: Pencak silat road to olympic. (Hum)

BACAMALANG.COM – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih peringkat kedua pada kategori Seni Tunggal IPSI tingkat dewasa dalam ajang Indonesia Open International Virtual Pencak Silat Tournament Jurus Tunggal dan Beregu, Selasa (18/8).

Mahasiswi atas nama Nurisatun Nisa, merupakan mahasiswi dari Prodi Kesejahteraan Sosial (Kesos).

Turnamen virtual internasional yang digelar sejak 15-17 Agustus 2020 itu dilaksanakan secara virtual oleh International Pencak Silat Federation (IPSF) Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia (Kemenpora RI), serta diikuti oleh 445 atlet dari berbagai Negara.

Indonesia mengirimkan 39 kontingen dari sembilan provinsi terdiri dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan, Lampung, Sumatra Utara, Banten, dan Yogyakarta. Sementara atlet lainnya berasal dari sepuluh negara yakni Australia, Belanda, Filipina, India, Jepang, Kazakhstan, Suriname, Thailand, Yordania, dan Yaman.

Prestasi di bidang pencak silat ini sebenarnya bukan hal baru bagi Nuris. Sebelumnya, Nuris juga pernah mengikuti event internasional dan berhasil mencetak tiga prestasi.

Prestasi pertama ialah Juara 2 pada kategori fight kelas A tingkat dewasa dalam Batu National Championship yang diadakan di GOR Gajah Mada Batu. Di tingkat Jatim, di tahun ini juga, ia memperoleh dua gelar, juara 1 kategori seni beregu tingkat dewasa dan juara 2 kategori fight kelas A tingkat dewasa yang diadakan di Polinema Malang.

Mahasiswi dengan segudang prestasi ini memang terbilang istimewa. Pasalnya sejak awal menjadi mahasiswi Kesos, tak sedikit prestasi yang ia ukir. Nuris diterima menjadi mahasiswi Kesos melalui jalur beasiswa Bidikmisi.

Pelatih pencak silat Nuris, Tayyudin, mengaku sangat bersyukur atas prestasi anak didiknya tersebut. Dia berharap Nuris bisa terus berlatih agar dapat meraih prestasi lebih baik selanjutnya.

Tak hanya itu, kebanggaan dan ucapan selamat juga disampaikan oleh Dr. Oman Sukmana, M.Si., Kaprodi Kesejahteraan Sosial FISIP UMM.

“Kami atas nama Prodi Kesos UMM, sangat bangga dan menyampaikan selamat atas prestasi Nuris, sejak masuk Kesos UMM tidak sedikit prestasi non akademik telah diraih Nuris. Dia juga tidak lupa dengan tugas-tugas kuliah sehingga indeks prestasinya sangat memuaskan. Ini modal bagi Nuris untuk bisa mengembangkan bakat minatnya secara positif dan kelak menjadi Pekerja Sosial,” terang Oman.

Nuris berharap melalui prestasi itu bisa menginspirasi teman-teman untuk terus berprestasi. “Man Jadda Wajada, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Saya meyakini slogan itu, selama kita mau berusaha, insya Allah pasti bisa,” ucap Nuris. (Lis/Red)