Warga di Karangduren Antusias Peringati Hari Kemerdekaan

Foto: Keceriaan warga di Karngduren rayakan HUT Kemerdekaan RI. (ist)

BACAMALANG.COM – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya di tahun ini kita merayakan momentum kemerdekaan ditengah masa pandemi corona.

Meski begitu, semangat sebagian masyarakat dalam merayakan ulang tahun republik ini masih besar dengan menggelar sejumlah kegiatan. Warga RT02/RW02 Gg.6 Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, misalnya. Mereka menggelar berbagai acara mulai dari barikan (selamatan, red.) hingga perlombaan.

“Kami menggagas beberapa acara di lingkungan kami, mulai pada malam 17 Agustus dilanjutkan sampai pagi pada tgl 17 Agustus. Rangkaian acara diantaranya menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dilanjut dengan senam pagi bersama, lomba bagi anak-anak dan seluruh komponen masyarakat,” kata Ketua Pemuda-Pemudi RT.02/RW02, Bachtiar Muzaki, Senin (19/8/2020).

Foto: Lomba 17an. (ist)

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan rasa terimakasih warga setempat kepada para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan. “Sebagai pemuda penerus generasi bangsa, kami berkewajiban menjaga dan mempertahankan kerukunan seluruh masyarakat yang sudah diwariskan oleh para leluhur kami,” terang pemuda yang akrab disapa Giplo ini.

Pihaknya pun berharap, acara yang digagas oleh pemuda-pemudi bersama seluruh komponen masyarakat ini akan selalu ada dalam setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI. “Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini tidak pernah punah walaupun dengan segala problematika yang ada saat ini. Harapan besar kami semoga momen ini dapat menambah kerukunan antar masyarakat semakin erat,” paparnya. (Yog/Red)