Soroti Banjir hingga Tanah Longsor di Kota Malang, Ini Kata Sekretaris DPD PSI

Foto: Salah satu titik banjir di Kota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Sejumlah titik di Kota Malang, dalam beberapa hari terakhir dihajar dengan bencana banjir hingga tanah longsor. Hal ini mendapatkan sorotan tajam dari Sekretaris DPD PSI Yudha Rachman Winarto, ST. MT.

“Kota Malang saat ini darurat banjir, hal tersebut terlihat ketika kemarin sore hujan deras. Ada 20 titik banjir dan 5 titik longsor, berdasar data BPBD Kota Malang. Alangkah ironisnya jika melihat ketinggian Kota Malang di 440 mdpl, faktanya jika hujan deras terjadi banjir,” tandas Yudha, Selasa (19/01/2021).

Seperti diketahui, permasalahan banjir di Kota Malang ini memang kembali jadi sorotan netizen hingga hingga tokoh masyarakat. Terpantau pada Senin (18/01/2021 ) sore, hujan deras yang mengguyur telah mengakibatkan beberapa titik banjir dan longsor.

Menurut Yudha, peristiwa ini harus menjadi evaluasi bagi Pemkot Malang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Ia mengatakan, secepatnya harus ada langkah cepat dan tepat agar kejadian banjir dan longsor tidak terjadi lagi di kota Malang. Ia meminta ketegasan pemkot Malang untuk berani menertibkan bangunan–bangunan yang berada di atas saluran air serta menertibkan bangunan di garis sempadan sungai.

“Karena saya melihat pemkot Malang acapkali menyalahkan sampah yang jadi penyebab banjir, akan tetapi bangunan diatas saluran air dan di garis sempadan sungai dibiarkan tetap berdiri. Saya prihatin adanya satu korban jiwa longsor pada saat hujan deras kemarin sore,” pungkas Yudha. (yga/had)