Rekom PDIP, Inikah Calon di Kabupaten Malang?

Ilustrasi (ist)

BACAMALANG.COM – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bakal mengumumkan rekomendasi bakal calon pada Pemilihan Kepala Daerah serentak September 2020 nanti.

Rencananya, partai berlogo banteng bermoncong putih ini bakal mengumumkan rekomendasi bakal calon kepala daerah gelombang I di sekretariat DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Rabu (19/2/2020) siang.

Salah satu yang diumumkan adalah untuk Pilkada Kabupaten Malang.

Salah satu sumber di internal PDI Perjuangan yang enggan disebutkan namanya sedikit memberikan ‘bocoran’ mengenai siapa yang bakal mendapatkan rekomendasi dari DPP.

“Putra daerah, dari Malang Raya saja,” kata sumber tersebut.

Ditambahkannya, bakal calon kepala daerah yang direkomendasi itu merupakan salah satu kader terbaik yang dimiliki partai.

“Ini adalah salah satu kader yang kita miliki,” tegasnya.

Berdasarkan pernyataan sumber tersebut, melihat kembali ke belakang, memang ada sejumlah nama kader PDI Perjuangan di Malang Raya yang namanya santer untuk digadang-gadang bertarung pada Pilkada nanti.

Terdepan, ada nama Sri Untari Bisowarno. Sejak awal, nama wanita yang kini duduk di DPRD Jawa Timur ini memang paling berpotensi diusung PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Malang.

Jika menilik ‘kode’ dari sumber internal PDI Perjuangan diatas, Sri Untari cukup cocok dengan apa yang dimaksud. Dia asli Malang, dan juga dianggap sebagai salah satu kader terbaik yang dimiliki PDI Perjuangan saat ini. Sepak terjang Sri Untari pun sudah tidak diragukan di dunia politik.

Selama ini, wanita disebut sebagai tokoh koperasi Jawa Timur juga dikenal dekat dengan masyarakat. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi Sri Untari.

Nama lain yang mungkin tidak terpikirkan sedari awal adalah Didik Gatot Subroto. Didik kini menjabat sebagai Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang.

Didik merupakan salah satu kader yang dianggap memiliki potensi begitu besar. Ini merupakan periode kedua baginya duduk sebagai legislatif. Didik juga dianggap memiliki pengalaman.

Sebelum menjabat sebagai dewan, Didik pernah menjabat sebagai Kepala Desa Tunjungtirto, Singosari. Sejak menjabat ketua dewan, namanya pun mulai dikenal masyarakat.

Nama lain yang patut disorot adalah Hari Sasongko. Periode lalu, Hari merupakan Ketua DPRD Kabupaten Malang. Nama Hari tentu tidak asing bagi masyarakat Kabupaten Malang. Dia pun dianggap sebagai salah satu politikus yang ulung dan kenyang pengalaman.

Menarik untuk disimak, turunnya rekomendasi dari PDI Perjuangan ini tentu bakal menjadi pematik bagi partai lain untuk menentukan strategi kedepan. (mid/yog)