UMM Kirim 6 Mahasiswa Studi di Kampus Lain, Ini Penjelasan Kaprodi Biologi

Foto : Kampus UMM. (ist)

BACAMALANG.COM – Agar bisa menjalankan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan oleh Kemdikbud RI dan Persiapan Bersaing di Dunia Kerja, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirim 6 Mahasiswa studi di kampus lain.

“Alhamdulillah enam mahasiswa Biologi lolos seleksi dan bersiap untuk mengikuti pembelajaran,” kata Ketua Prodi Pendidikan Biologi Dr. Iin Hindun, Jumat (19/2/2021).

Sekilas informasi, Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM telah merancang skema pertukaran mahasiswa untuk mendukung MBKM.

Perkuliahan Lintas Kampus

Bentuk konkretnya, enam mahasiswa Prodi Biologi akan menempuh menempuh perkuliahan lintas kampus bekerjasama dengan beberapa universitas terkemuka

Program MBKM NUNI 2021 terselenggara atas kerja sama antara UMM dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia yang tergabung dalam Nationwide University Network in Indonesia atau NUNI.

Lebih lanjut, Hindun juga mempertegas bahwa keenam mahasiswa yang berhasil lolos pada program ini diterima di berbagai kelas yang berbeda di setiap universitas. Semua mahasiswa akan melaksanakan kegiatan MBKM NUNI ini selama satu semester penuh.

“Mahasiswa-mahasiswa yang sudah lolos nanti akan mengikuti perkuliahan sesuai dengan jadwal di masing-masing universitas. Durasi totalnya adalah satu semester penuh,” tegasnya.

Sebelum dinyatakan lolos, mereka harus melewati proses seleksi yang ketat. Pasalnya, mereka harus bersaing dengan mahasiswa dari berbagai kampus untuk memperebutkan 5 sampai 10 kuota mahasiswa pada setiap mata kuliah dalam satu universitas.

Seleksi Ketat

Diakui oleh Egar Aldiyaksa Akbar, proses seleksi program ini mewajibkan peserta untuk membuat esai tentang motivasi dan rencana belajar jika diterima pada program MBKM NUNI 2021.

“Selain syarat administratif pada umumnya, Kami diwajibkan membuat esai tentang motivasi dan rencana belajar ke depannya,” papar mahasiswa yang diterima belajar pada program studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta tersebut.

Secara khusus, prodi Pendidikan Biologi UMM membentuk Tim Satgas MBKM Prodi yang bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh civitas akademika.

Lebih lanjut, Hindun berharap program MBKM benar-benar dapat membekali mahasiswa menghadapi persaingan global. “Dengan adanya program MBKM ini mahasiswa UMM dapat menyerap ilmu yang tidak terbatas yang nantinya akan menjadikan mahasiswa yang siap untuk mengahadapi persaingan dunia kerja Global,” pungkasnya. (*/had)