Pangkoopsau II Kobarkan Semangat Seluruh Aircrew Lanud Abdulrachman Saleh

Foto: Pangkoopsau II Kobarkan Semangat Seluruh Aircrew di Lanud Abdulrachman Saleh. (Hum)

BACAMALANG.COM – Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsma TNI Minggit Tribowo, S.IP., dan rombongan berkesempatan melaksanakan kunjungan ke Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Abdulrachman Saleh Malang, Jumat (19/6/2020).

Dalam kunjungan kali pertamanya ke Lanud Abdulrachman Saleh sebagai Pangkoopsau II Marsma TNI Minggit Tribowo tersebut bertujuan untuk mengobarkan semangat dan memberikan motivasi kepada segenap aircrew Lanud Abdulrachman Saleh agar senantiasa bertugas dengan baik.

Kedatangan Pangkoopsau II yang didampingi istri, Nyonya Minggit beserta rombongan di Base Ops Lanud Abdulrachman Saleh disambut langsung oleh segenap pejabat TNI AU di Malang yang meliputi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat dan Nyonya Chyntia Hesly Paat, Danwing 2 Kol Pnb Reza. R.R. Sastranegara beserta istri, para Kadis Lanud Abdulrachman Saleh dan istri, perwakilan Depohar 30, seluruh Komandan Satuan, Danyonko 464 Paskhas, Dandenmatra 2 Paskhas, Dansatrad 221, serta pejabat lainnya.

Dalam amanat penyambutannya Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat, menyampaikan beberapa pencapaian Lanud Abdulrachman Saleh dalam penanganan pandemi Covid-19 dan juga kegiatan operasional penerbangan pada masa pandemi serta pada masa new normal.

Di dahadap seluruh prajurit TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh, Pangkoopsau II menekankan terkait dengan adanya beberapa kejadian yang menyangkut kegiatan penerbangan TNI AU untuk dijadikan sebagai pembelajaran bagi para penerbang dan navigator untuk lebih waspada. Hal ini bertujuan agar kegiatan training penerbangan tetap berlangsung dengan aman.

“Penerbang merupakan eksekutor di lapangan dalam operasional penerbanga. Sehingga perlu alert, profesional dalam tugasnya juga senantiasa berkomunikasi dengan ground crew agar keselamatan terbang dapat diwujudkan,” tegas Marsma TNI Minggit Tribowo.

Pangkoopsau II juga memberi gambaran bahwa profesi penerbang merupakan anugerah yang wajib disyukuri, untuk itu core business sebagai penerbang dalam kegiatan penerbangan harus diwujudkan dengan sebaik-baiknya.

“Laksanakan tugas dengan baik, fokus, alert atau waspada dan hati-hati, teliti dan banyak belajar dari senior,” ujarnya.

Pada kunjungan itu Pangkoopsau II juga mengunjungi markas Skadron Udara 21 yang merupakan markas dari Pesawat Super Tucano yang dipimpin Letkol Pnb Heru Wardana. Di Skadron Udara 21 Pangkoopsau II seolah-olah kembali bernostalgia, karena dalam kariernya sebagai penerbang pernah mengawaki pesawat OV 10 F Bronco yang markasnya kini digunakan oleh Pesawat Super Tucano.

Selain itu mengunjungi Skadron Udara 4 di bawah pimpinan Letkol Pnb M. Arif untuk melihat markas Pesawat angkut sedang Cassa 212 dan terakhir ke Skadron Udara 32 di bawah pimpinan Letkol Pnb Suryo Anggoro untuk melihat secara sekilas Pesawat C-130 Hercules, sebagai skadron udara angkut berat. (Lis/Red)