Jamin Ketersediaan Air di Malang Selatan, Tirta Kanjuruhan Siapkan Rispam

Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi (kanan) didampingi Dirtek Perumda Tirta Kanjuruhan, M Haris (ist)

BACAMALANG.COM – Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Tirta Kanjuruhan, Kabupaten Malang tengah menyiapkan rencana induk sistem penyediaan air minum alias Rispam.

Rispam ini bagian dari kebijakan dan strategi daerah atau Jakstrada dalam upaya meningkatkan kualitas serta penyediaan air minum. Rispam ini sendiri di fokuskan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Malang khususnya bagian Selatan.

Dikatakan Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, bahwa Rispam ini merupakan program jangka panjang.

“Kami menyusun Rispam untuk jangka waktu 20 tahun. Penyediaan air bersih di Malang Selatan jadi fokus realisasi, karena disana ada potensi sumber air. Sehingga bisa menunjang kebutuhan air di enam kecamatan,” kata Syamsul, Jumat (19/6/2020).

Sebelum menjalankan program ini, kata Syamsul, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh Perumda Tirta Kanjuruhan. Salah satunya yaitu mengidentifikasi kualitas air bersih di Kabupaten Malang.

“Semua dokumen ini harus tercantum. Karena merupakan salah satu syarat kita bisa bekerjasama dan mengusulkan ke pemerintah pusat untuk minta bantuan,” terangnya.

Lebih jauh, dalam merealisasikan Rispam ini pihak Perumda Tirta Kanjuruhan bakal melibatkan pihak ketiga.

“Rencananya akan menggandeng pihak swasta, untuk membangun Sungai Lesti sebagai penyedia sumber air,” Syamsul mengakhiri. (mid/yog)