HUT ke-3 Jadi Ajang Konsolidasi HIPAKAD Jatim

Foto: Hipakad Jatim solidkan komando. (ist)

BACAMALANG.COM – HUT ke-3 Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) dijadikan momen konsolidasi internal bagi HIPAKAD se-Jawa Timur di Kebun Teh Wonosari, Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (19/9/2020). Pertemuan konsolidasi ini diikuti 16 DPC HIPAKAD se-Jawa Timur, masing-masing DPC dibatasi hanya boleh mengirim 10 perwakilan.

Peserta Antusias

Priyo Effendy, mengatakan permintaan daerah (DPC) cukup tinggi. Artinya, antusiasme mereka luar biasa untuk bisa bergabung dalam satu forum perayaan ini.

Namun, pihak penyelenggara terpaksa membatasi jumlah orang yang hadir. Tentu, kondisi pandemi Covid-19 ini menjadi biang keroknya.

“Karena pandemi, kita harus betul menjaga protokol kesehatan Covid-19. Kalau pandemi sudah selesai, kita bisa hadirkan semuanya dengan tempat yang sangat luas. Kita akan lakukan konsolidasi lagi,” tegasnya.

Priyo menjelaskan, HIPAKAD juga membantu masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk sembako untuk meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak.

Lahir 20 September 2017, HIPAKAD di usianya yang ketiga tahun ini mengusung tema “3 Tahun HIPAKAD: Menumbuhkan dan Menguatkan Semangat Satu Jiwa, Satu Korsa, Satu Komando”.

“Kita ingin saling mengakrabkan satu sama lain. Nanti akan ada out bound dan pendalaman materi wawasan kebangsaan,” imbuhnya.

Priyo menegaskan, HIPAKAD siap mengawal dan mengikuti program-program pemerintah dan TNI terutama TNI AD sebagai wujud solidaritas dalam keluarga besar.

Acara peringatan HUT ke-3 HIPAKAD ini digelar selama dua hari. Mulai hari ini (19/9/2020) hingga Minggu (20/9/2020) besok.

Solidaritas dan Semangat

Dihadiri Pangdam V Brawijaya yang diwakili Wakil Danrindam V Brawijaya Kolonel Inf Ridwan Khoirun Anwar, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Bupati Malang diwakili Kepala Dinas Ketenagakerjaan, GM FKPPI serta perwakilan sejumlah ormas dan instansi.

Kolonel Inf Ridwan berpesan kepada generasi muda HIPAKAD menunjukkan jiwa solidaritas dan semangat yang tinggi.

Ia yakin jika semangat itu bisa ditanamkan sejak dini kepada generasi muda, maka ketika hendak tumbuh dewasa hingga usia tua, tombak semangat tersebut tetap tertancap tajam di setiap insan.

“Harus ditanamkan sejak dini, sehingga mereka punya kemampuan menangkal tantangan hidup. Ya biar mandiri. Ingat, kita adalah satu kesatuan,” tegasnya.

Wawasan Kebangsaan

Sementara itu, Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mendukung program-program pendalaman wawasan kebangsaan kepada peserta.

Kegiatan bernilai positif, kata Bung Edi, sapaan akrabnya, sangat penting dilakukan dalam kegiatan-kegiatan sosial maupun akademik.

“Pelatihan penguatan mental itu sangat penting. Bagaimana menumbuhkan cinta tanah air dan nasionalisme. Masalah kebangsaan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Ayo edukasi yang lainnya juga,” bebernya.

Bung Edi lanjut menyatakan bahwa dalam Operasi Yustisi penegakan hukum kepada pelanggar protokol kesehatan Covid-19, ia menemukan masyarakat yang masih saja tidak hafal Pancasila dan lagu Indonesia Raya.

Saat diberi hukuman sanksi sosial, warga tersebut dikatakan Bung Edi tidak hafal. Padahal, Pancasila sebagai ideologi harusnya sudah ada di luar kepala secara teks. Secara batin sudah tertanam di setiap hati masyarakat.

Dari situlah Bung Edi justru menilai pendalaman wawasan kebangsaan tidak hanya menjadi kegiatan ceremonial tapi juga dibuktikan dengan tindakan nyata di lapangan. “Dirgahayu HIPAKAD,” tuturnya.

Tuan Rumah

Sebagai informasi, HUT ke-3 HIPAKAD ini menunjuk Malang sebagai tuan rumah pelaksanaan. DPC HIPAKAD Malang Raya bersama panitia pelaksana mengupayakan menyiapkan acara pertemuan ini dengan matang.

Ratusan bendera besar dan kecil serta baliho umbul-umbul HIPAKAD berkibar mengiringi kedatangan tamu undangan mulai jalan raya hingga lokasi pelaksanaan acara di puncak Kebun Teh.

Ketua DPC HIPAKAD Malang Raya, Afan Ari Kartika, menuturkan pertemuan kali ini diikuti sekitar 180 peserta dari keseluruhan DPC se-Jawa Timur.

“Semua kekuatan kami kerahkan untuk memberikan yang terbaik. Kami ingin tali silaturahmi bisa dirajut dan lebih solid. Sesuai tema yakni Menumbuhkan dan Menguatkan Semangat Satu Jiwa, Satu Korsa, Satu Komando,” ujarnya.

Dalam kegiatan perayaan HUT ke-3 HIPAKAD ini, DPC HIPAKAD Malang Raya memberikan bantuan kepada 10 siswa kurang mampu yang berprestasi. Bantuan HP tersebut untuk mendukung kegiatan belajar daring selama masa pandemi. (*/had)