Miris, Perpustakaan Puluhan Juta di Banjararum Terbengkalai

Gedung Sasana Wijaya di Jalan Mujamil Desa Banjararum Kecamatan Singosari (ist)

BACAMALANG.COM – Keberadaan fasilitas pembelajaran seperti perpustakaan seharusnya dimaksimalkan di masa pandemi mengingat penerapan belajar daring yang tak kunjung usai.

Sayangnya, ada perpustakaan yang malah tidak difungsikan sebagaimana mestinya, bahkan terkesan terbengkalai. Perpustakaan ini ada di gedung Sasana Wijaya, Jalan Mujamil Desa Banjararum, Kecamatan Singosari.

Diduga, sejak dua tahun lalu atau 2018, keberadaan perpustakaan dibiarkan begitu saja.

Informasi terpercaya yang dapat dihimpun pewarta menyebutkan, pembangunan perpustakaan dilakukan bertahap. Pada tahun 2016 dan 2017.

Anggaran pembangunan perpustakaan dialokasikan dari dana desa. Tahun 2016 sebesar Rp 95.522.000,- dan Rp 97.887.000,- pada tahun berikutnya. Pembangunan perpustakaan pun sudah melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa alias Musrenbangdes.

Hingga detik ini, Sasana Wijaya, diketahui warga sebatas gedung serbaguna.

“Saya tahunya itu tempat olahraga dan kegiatan warga mas. Memang ada tulisannya perpustakaan, tapi saya gak pernah masuk,” kata salah satu warga Banjararum, Imam, saat ditemui di sekitar lokasi gedung Sasana Wijaya Banjararum, Sabtu (19/9/2020).

Gedung Sasana Wijaya sendiri terdiri dari dua lantai. Lantai bawah difungsikan sebagai tempat olahraga dan kegiatan lainnya. Dan perpustakaan yang tidak difungsikan ada di lantai atas.

Di ruang yang disebut perpustakaan, tidak ada satupun buku. Yang ada hanya rak-rak kosong berdebu.

“Gedung itu biasanya disewakan untuk acara perkawinan mas, juga untuk rapat warga. Iya, itu memang ada tulisannya Sasana Wijaya Perpustakaan,” ujar warga Banjararum yang lain, Yayuk. (mid/yog)