Tahun Depan, Bupati Sanusi Janji Sejahterakan Guru Honorer

Konferensi kabupaten PGRI di Kecamatan Pakisaji (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Bupati Malang, HM Sanusi berjanji bakal meningkatkan kesejahteraan guru honorer mulai tahun depan.

Hal ini disampaikan Sanusi ketika membuka kegiatan konferensi kabupaten Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI di Kecamatan Pakisaji, Sabtu (19/9/2020).

Sanusi menilai, kesejahteraan guru honorer belum begitu mendapatkan perhatian. “Insyaallah, kami upayakan untuk dinaikkan hingga Rp 2 juta,” katanya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menambahkan, kebijakan ini berlaku bagi guru honorer dibawah naungan Dinas Pendidikan. Sementara, lembaga pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama, kebijakan tersebut tidak berlaku.

“Semunya, baik SD maupun SMP, negeri atau swasta, yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang gajinya akan kami tambah. Kalau madrasah kami belum bisa, karena itu berada di bawah naungan Kemenag,” jelasnya.

Sementara, Ketua PGRI Kabupaten Malang, Dwi Sucipto mengakui, kesejahteraan para guru honorer di wilayahnya masih rendah. Dwi pun bakal mengawal apa yang sudah dijanjikan Bupati Sanusi.

“Oleh karenanya nanti akan kita kawal dari sisi regulasinya. Kita tahu bahwa kesejahteraan guru memang masih kurang,” ucap Dwi. (mid/yog)