Gelar Makesta, Tumbuhkan Militansi ala IPNU Gedangan

Foto: Kegiatan Makesta (ist)

BACAMALANG.COM – Generasi muda milleneal membutuhkan fondasi nilai kebangsaan dan keagamaan yang perlu ditumbuhkan sejak dini.

Untuk menguatkan rasa patriotisme-nasionalisne serta sikap religius khas santri, generasi milleneal perlu mengikuti kaderisasi semisal Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang merupakan jenjang awal bagi anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU).

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gedangan menghelat Makesta di MISI (MI SYARIATUL ISLAMIYAH, Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, selama dua hari, yaitu 17 Oktober dan 18 Oktober 2020.

“Makesta ini adalah untuk mencetak kader-kader IPNU IPPNU yang tangguh dan militan dalam menghadapi era new normal. Harapannya adalah dapat menjadi wadah para pelajar NU se-Kecamatan Gedangan untuk mengembangkan dirinya sehingga bisa menjadi pelajar yang berperan dalam era new normal ini,” tandas Ketua Pelaksana Kegiatan Makesta PAC IPNU Gedangan Friska.

Militansi dan Potensi

Friska menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi gerbang awal menumbuhkan militansi kader dan mengembangkan potensi.

Diharapkan, peserta mampu memahami peranya sebagai pelajar dalam ruang lingkup masyarakat.

“Makesta menjadi gerbang awal menumbuhkan militansi kader dan mengembangkan potensi. Diharapkan, peserta mampu memahami peranya sebagai pelajar dalam ruang lingkup masyarakat,” papar Friska.

Wawasan dan Keintelektualan

Agenda yang diadakan dalam masa pandemi tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, cuci tangan dan memakai masker.

Selama agenda dua hari dilaksanakan peserta yang merupakan delegasi dari setiap perwakilan MTS,SMP dan SMA,MA yang berada di Kecamatan Gedangan dan juga ada beberapa peserta dari Pimpinan Anak Cabang di sekitar.

Selama dua hari peserta mendapatkan materi dengan tema yang berbeda diantaranya materi tentang keNU-an/keaswajaan, Keindonesiaan, keorganisasian, ke-IPNU, ke-IPPN-an dan wawasan gender.

Sementara itu, Pembina IPPNU Gedangan Uswatun Hasanah menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini penting untuk diikuti. Terlebih, bagi kalangan pelajar yang notabene adalah pemuda-pemudi desa.

Dilanjutkan perempuan yang juga mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta ini, Makesta bisa menjadi wadah mengarahkan pelajar ke arah positif dalam rangka pengembangan diri.

“Dengan adanya Makesta ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan dan keintelektualan pelajar pelajar yang ada di Kecamatan Gedangan dan menumbuhkan militansi kader IPNU IPPNU PAC Gedangan,” tutur perempuan yang juga ketua di salah satu organisasi mahasiswa terbesar ini.

Seperti diketahui, dalam giat tersebut dihadiri puluhan pelajar dari beberapa instansi pendidikan se-Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Makesta ini juga didukung beberapa pihak antara lain, Pemerintah Kecamatan Gedangan, Koramil Kecamatan Gedangan, dan lainnya. (*/had)