Al-Kahfi Day Virtual, Cara Lestarikan Tradisi Rasulullah ala HMI FISIP Unair

Foto: HMI FISIP Unair gelar Al Kahfi Day virtual tiap Jumat. (ist)

BACAMALANG.COM – Tergerak membangkitkan dan melestarikan tradisi Rasullullah dalam pengamalan membaca Surat Al Kahfi, HMI FISIP Universitas Airlangga menggelar Al-Kahfi Day setiap Hari Jumat secara Virtual.

“Al-Kahfi Day adalah salah satu program kerja dari bidang PPPA HMI FISIP Airlangga yang dilatarbelakangi oleh kewajiban kader HMI untuk mampu mengamalkan dan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman,” tegas Ketua Bidang PPPA HMI Komisariat FISIP Airlangga, Rafi Aufa Mawardi, Sabtu (20/2/2021).

Ia mengatakan, kader HMI yang bernafaskan Islam harus menjadi representasi mahasiswa muslim yang berkualitas di era yang serba dinamis.

Untuk mencapai hal tersebut, seyogianya kader HMI juga mengamalkan amalan sunnah yang dicanangkan oleh Rasulullah SAW, seperti membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jumat.

Cahaya Sampai ke Langit

Mengutip dari hadist HR. Abu Bakar Bin Mardawaih bahwa “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat”.

Oleh karena itu, bidang PPPA mengajak seluruh kader HMI FISIP Airlangga untuk secara kolektif membaca Surat Al-Kahfi untuk mengamalkan segala amalan yang terkandung didalamnya.

“Membaca Al-Qur’an mungkin sudah banyak yang bisa apalagi kader HMI tetapi membiasakan membaca Al-quran itu sudah sangat jarang. Selayaknya Kita bisa memberikan arti fundamental seperti baca tulis Al-quran adalah suatu keharusan di tengah pandemi tidak menyurutkan semangatnya untuk mengajar hal ini baik secara offline maupun online,” pungkas Rafi. (and/had)