Catat! Lapor SPT Pribadi Diperpanjang Sampai 30 April

Kepala KPP Pratama Kepanjen, Budi Harjanto (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Wajib pajak di Kabupaten Malang yang belum melaporkan surat pemberitahuan tahunan atau SPT pribadi bisa bernafas lega ditengah merebaknya virus corona alias Covid-19.

Pasalnya, Kantor Pelayanan Pajak atau KPP Pratama Kepanjen memberikan perpanjangan waktu hingga 30 April mendatang bagi WP yang belum melapor SPT.

“Jadi orang pribadi itu seharusnya 31 Maret (terakhir lapor SPT), diperpanjang sampai 30 April. Jadi tidak usah khawatir sebetulnya. Tanpa dikenakan denda, jadi tidak ada sanksi, jadi tidak dianggap terlambat itu,” kata Kepala KPP Pratama Kepanjen, Budi Harjanto, Jumat (20/3/2020).

Berdasarkan data, ada 59 ribu WP kategori pribadi yang harus melaporkan SPT. Dari jumlah tersebut, hingga saat ini ada sekitar 32 ribu WP yang sudah melapor SPT.

“Kalau kepatuhan disini pertumbuhannya sudah 100 persen lebih. Kepatuhannya untuk SPT. Yang terdaftar 120 ribu. Jadi dari 120 itu, yang wajib SPT itu 59 ribu,” ungkap Budi.

Pria yang sudah menjabat sebagai Kepala KPP Pratama Kepanjen selama 8 tahun itu menambahkan, berbeda dengan WP perorangan, khusus untuk WP badan atau perusahaan tenggat waktu pelaporan SPT-nya memang sampai dengan 30 April.

“Perkembangannya bagus. Sudah mulai banyak yang badan. Nanti puncaknya di April. Sekarang kan lagi nyusun laporan SPT badan-nya,” tukas Budi. (mid/yog)