Tentang ‘E-TLE’, Ini Pesan AKP Diyana untuk Satlantas Polres Batu

Foto : Kasatlantas Polres Malang Kabupaten AKP Diyana Suci Listyawati, saat diwawancarai awak media usai liputan. (Eko)

BACAMALANG.COM – Usai Sertijab Kasatlantas Polres Batu yang digelar di Aula Rupatama Polres Batu, Jalan AP lll Katjoeng Permadi, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Jumat (20/3/2020). Kasatlantas Polres Batu sebelumnya, AKP Diyana Suci Listyawati berpesan kepada Kasatlantas yang baru AKP Mala Darlius Kurniawan, SH., M.Hum, untuk dapat melanjutkan semua program yang belum terakomodir.

Saat diwawancarai oleh awak media, Kasatlantas yang sapaan akrabnya Diyana ini mengatakan, bahwa Kasatlantas yang baru harus bisa terus menjaga kekondusifan yang ada di wilayah hukum Polres Batu.

“Selain itu, harus mempunyai suatu program tentang goalnya Electronic Traffic Law Enforcement. Karena E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement), merupakan implementasi dari teknologi, yakni untuk mencatat pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik. Salah satunya ketertiban, dan keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Diyana.

Sebab menurutnya, aplikasi tersebut saat ini hanya ada di Surabaya. Dan tentunya, masih kata Diyana, semua harus menerapkan sistem tersebut.

“Jadi kesimpulannya, ini merupakan Pekerjaan Rumah (PR) kita bersama. Saya nanti di Polres Malang Kabupaten juga bakal menerapkan sistem ini. Tentunya nanti harus diterapkan oleh Kasatlantas yang baru,” pesan dia.

Ditambahkan Diyana, karena E-TLE itu pada dasarnya juga ada pada Undang-undang Lalulintas.

“Bisa dibilang juga sebagai sarana dan prasarana jalan untuk bisa menciptakan Kamseltibcar lantas, atau dengan kata lain keamanan, keselamatan dan ketertiban lalulintas. Dan itu PR kita bersama bagi semua Kasatlantas yang ada di Jawa Timur,” pungkasnya. (Eko)