Tingkatkan Skill Lulusan Vokasi lewat Vokanesia.id

Foto : Dari kiri, Direktur Utama, Ismail Marzuki, Komisaris, Yasir Sani dan Founder Pramanda Nalang Saputra memperkenalkan edu-tech Vokanesia.id. (nedi putra aw)

BACAMALANG.COM – Pembelajaran vokasi untuk lulusan SMK ternyata tidak cukup hanya berbekal pendidikan formal saja. Pada saat bekerja di bidang industri, diperlukan banyak polesan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Berangkat dari pemikiran tersebut, hadirlah platform edu-tech Vokanesia.id.

“Upgrading skill sangat diperlukan, agar lulusan SMK dapat menyesuaikan dan berdaptasi dengan industri sehingga tercipta link and match,” ungkap Founder Vokanesia.id Pramanda Nalang Saputra saat media gathering, Sabtu (20/6/2020).

Pramanda mengatakan, tidak semua lulusan SMK ingin jadi pegawai, karena pasti ada yang jadi pengusaha. PT Vokasi Indonesia Sejahtera sebagai perusahaan teknologi yang menaungi vokanesia.id saat ini bisa dibilang sebagai perusahaan rintisan/startup edu-tech pertama di Indonesia yang fokus pada pengembangan platform pendidikan vokasi secara berjenjang dan leveling mulai dari level pertama hingga pasca kelulusan untuk masuk dunia industri.

Pramanda mengatakan hasil akhir dari pelatihan dan pemagangan bukan hanya sertifikat belaka, tapi harus menjadi ahli atau menciptakan lapangan kerja baru. “Kami gunakan platform ini agar siswa didik dapat memanfaatkan materi pembelajaran yang diinginkan langsung dari mentor-mentor yang sudah bersertifikat nasional. Mulai dari para guru, para profesional dan ahli di bidangnya masing-masing,” imbuhnya.

Intinya, lanjut dia, Vokanesia.id siap menjadi sarana pembelajaran bagi yang ingin belajar vokasi dari mentor terbaik di Indonesia dan luar negeri. Pihaknya mengaku telah mempersiapkan program kerja sama dengan HIPMI, APINDO atau asosiasi pengusaha lainnya.

Vokanesia dilengkapi berbagai fitur yang sudah disesuaikan kebutuhan siswa, antara lain fasilitas layanan marketplace khusus menyediakan layanan pembelian e-book khusus SMK yang saat ini sudah bekerjasama dengan penerbit buku PT Kuantum Buku Sejahtera (atau Quantum Book).

Komisaris Vokanesia.id, Yasir Sani menambahkan, platform ini adalah respon terhadap program pemagangan di dunia industri. “Selain mempercepat digitalisasi, Vokanesia sekaligus untuk menyiapkan lulusan SMK agar memiliki kesiapan kompetensi, dengan menyiapkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) sesuai dengan jurusan siswa,” tandasnya saat Soft launching Vokanesia.id yang digelar pada Jumat (19/6/2020). (Ned/Red)