Melanggar PPKM, Toko Miras Nusantara Ditutup Petugas

Foto: Petugas gabungan Satpol PP, TNI-Polri, saat mendatangi Toko Nusantara. (Eko)

BACAMALANG.COM – Toko Nusantara yang berlokasi di Jalan Gajahmada, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu terpaksa harus ditutup petugas Satpol PP. Pasalnya, toko yang menjual minuman keras (miras) tersebut telah melanggar aturan jam malam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Padahal, Pemerintah Kota Batu melalui SE Wali Kota Batu, telah meminta kepada semua pemilik maupun pengelola toko, kios, rumah makan, PKL, dan tempat hiburanpun diwajibkan tutup sesuai ketentuan jam tersebut, tanpa terkecuali.

Diketahui, toko itu pada Kamis (21/1/2021) tetap buka hingga pukul 22.30 WIB. Padahal, PPKM mengatur ketentuan toko dan PKL harus tutup pukul 19.00 WIB. 

Ketentuan itu sesuai dengan surat edaran Wali Kota Batu terkait PPKM, guna untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Bukti surat teguran secara tertulis dari Satuan Polisi Pamong Praja, kepada pemilik atau pengelola Toko Nusantara. (Eko)

Pantauan awak media di lapangan, tampak petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri berpatroli berkeliling jalan protokol di wilayah Kota Wisata Batu.

Petugas mendatangi Toko Nusantara yang kedapatan masih buka, kemudian karyawan diminta tutup dan berikut memberikan sanksi berupa teguran secara tertulis.

Mendapat peringatan dari petugas, karyawan toko itu kemudian menutup tokonya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Batu, M. Noer Adhim menjelaskan, setiap hari selalu melakukan pengawasan dan pengamatan secara langsung penerapan PPKM. Apakah PKL dan toko menaati surat edaran Wali Kota Batu terkait PPKM yang merujuk pada Surat Edaran Gubernur Jawa Timur atau tidak.

“Kami setiap hari tanpa kenal lelah, selalu berpatroli dengan menyisir ke berbagai tempat yang ada di wilayah Kota Wisata Batu. Kami memberi peringatan untuk segera tutup karena sebenarnya para pedagang ini sudah tahu,” terang Adhim sapaan akrabnya kepada wartawan, melalui sambungan telepon, pada Kamis (21/1/2021) malam.

Mantan Camat Junrejo ini menegaskan, jika masih saja membandel, maka petugas bakal melakukan tindakan sesuai dengan peraturan dan undang-undang protokol kesehatan yang berlaku, tanpa tebang pilih.

“Ya, pastinya kami tidak akan tebang pilih, jika memang melanggar, maka otomatis bakal kami tindak sesuai dengan SE Wali Kota Batu,” pungkasnya. (Eko)