Sanusi-Didik Akhirnya Ditetapkan KPU Kabupaten Malang

Ketua KPU Kabupaten Malang menyerahkan surat keputusan kepada pasangan Sanusi-Didik (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto akhirnya ditetapkan Komisi Pemilihan Umum.

Penetapan dilakukan di Ruang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang, Kamis (21/1/2021).

Penetapan pasangan calon terpilih itu berdasarkan surat dari Panitera Mahkamah Konstitusi 165/PAN.MK/01/2021 tahun 2021 perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi, dan diteruskan ke KPU Kabupaten Malang.

“Penetapan Paslon terpilih ini merupakan tahapan Pilkada usai dilakukan rekapitulasi beberapa waktu lalu,” kata Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini.

Menurutnya, penetapan Paslon terpilih itu merupakan amanat PKPU. Dalam penetapan itu juga dilakukan pembacaan berita acara penetapan Paslon terpilih.

Dalam berita acara penetapan itu Paslon Bupati Malang terpilih meraih suara 530.449 suara atau 45,51 persen dari total suara sah pada Pilkada yang digelar tahun 2020 lalu.

“Keputusan penetapan Paslon Bupati Malang terpilih ini berlaku sejak tanggal ditetapkan 21 Januari 2021,” terangnya.

Pantauan BacaMalang, pelaksanaan pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih itu dihadiri sekitar 75 orang dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Terlihat puluhan aparat Kepolisian juga tengah terlihat mengamankan proses pleno terbuka tersebut. (mid/yog)