Lancar dan Sukses, Kongres Santri Mendunia Digelar Melalui Zoom

Foto: Kongres Nasional Santri Mendunia yang digelar melalui aplikasi zoom, berjalan sukses dan lancar. (Eko)

BACAMALANG.COM – Kongres Nasional pertama Santri Mendunia yang digelar pada hari ini, Sabtu (20/2/2021), berjalan lancar dan sukses.

Acara yang di prakarsai oleh Ketua Umum, Mohamad Abdul Aziz Nawawi itu juga mengundang dari berbagai kalangan mulai dari Tokoh Nasional, Akademisi, Gubernur Jatim, Dubes, Pengusaha, Jurnalis tampak hadir.

Dalam masa pandemi ini, Kongres Santri Mendunia menggelar acara menggunakan fasilitas aplikasi Zoom. Dalam kongres mengangkat tema yang dipandang cukup urgensi pada dinamika kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, yaitu “Optimalisasi Keindonesiaan Membangun Santri dan Pesantren yang Mandiri di Era Society 5.0.”

Untuk meningkatkan kualitas serta berbobotnya santri di dunia Internasional dalam hal memperkenalkan produk khususnya UMKM, panitia penyelenggara menghadirkan pengusaha sukses khusunya di kalangan santri.

Rizky Maulana, selaku ketua panitia mengatakan, dirinya bersama teman santri di daerah maupun di luar negeri turut prihatin akibat dampak virus Covid-19 yang dengan cepat melumpuhkan perekonomian NKRI.

“Untuk membantu pemerintah memulihkan perekonomian, Santri Mendunia menghadirkan Witjaksono selaku pengusaha sukses dari kalangan warga Nahdiyin,” katanya.

Melalui aplikasi zoom yang sudah disediakan oleh panitia pelaksana, Witjaksono memberikan kiat sukses dan keluh kesah saat menjadi pengusaha.

“Jika kita ingin meraih kesuksesan ada tiga hal yang wajib diterapkan yaitu Gigih, pantang menyerah, dan bersedekah. Insyaallah akan dilancarkan,” tegas Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama itu.

Menurutnya, bahwa santri yang memiliki jiwa dan intuisi pengusaha sangatlah penting dalam membangun negeri dalam menghadapi tantangan di era society 5.0.

“Ya, tujuannya untuk menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Karena, harta tidak boleh dimasukkan di dalam hati, harta harus diletakkan di tangan, jadi jika harta itu diambil, maka kita tidak sakit hati,” pesan dia.

Aziz sapan Akrab Ketua Umum Santri Mendunia juga mengaku sangat gembira, tak terkecuali kepada pemateri yang mau memberikan motivator serta insipirasi terhadap santri dalam komentarnya mengatakan.

“Alhamdulilah, dalam kongres pertama ini kita mendapatkan ilmu bagaimana cara mengekspor produk khususnya dikalangan santri. untuk mewujudkan kami semua akan mencari pengusaha diluar negeri untuk mau membeli produk santri”, tuturnya.

Dirinya juga berpesan, saat ada pengusaha yang membeli produk santri, maka kualitasnya harus tetap dijaga dengan baik.

“Jika kualitasnya baik, maka nama santri dan Negara Indonesia juga ikut terangkat,” pungkas Moh. Abdul Aziz Nawawi yang menyadang gelar Magister pendidikan dan Master Motivator kelas Internasional itu. (Eko)