Bukan Sulap, Polres Malang Hadirkan SIM Salabim

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar saat memberikan sambutan dalam peluncuran SIM Salabim di Satpas Singosari (ist)

BACAMALANG.COM – Inovasi anyar kembali dihadirkan Satlantas Polres Malang demi mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

Inovasi ini dihadirkan dalam hal perpanjangan surat izin mengemudi atau SIM. Kali ini, Satlantas Polres Malang juga mengusung nama yang unik dalam program terbaru itu.

Satlantas Polres Malang menyebutnya SIM Salabim. Salabim dalam hal ini bukanlah matra sulap, namun merupakan singkatan dari Sambil Berjalan Lebih Mudah.

Yah, demi memudahkan masyarakat, perpanjangan SIM bisa dilakukan secara drive thru.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan bahwa adanya program baru ini perpanjangan SIM cukup lima menit saja. Ini berlaku untuk roda dua ataupun empat.

“Layanan ini merupakan inovasi baru dari Satlantas Polres Malang. Walau bukan yang pertama, namun satu-satunya di wilayah hukum Polda Jatim. Bisa melayani perpanjangan SIM A dan C. Ini dilakukan bertujuan untuk mendekatkan layanan pada masyarakat untuk mempertahankan predikat WBBM, yang sudah diraih,” kata Hendri, saat peluncuran SIM Salabim di Satpas Polres Malang, Singosari, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Hendri, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi dengan hadirnya SIM Salabim ini.

Kapolres Malang saat meninjau langsung layanan SIM Salabim (ist)

Adapun prosedurnya yaitu, pemohon datang ke Satpas Singosari langsung dengan mengendarai sepeda motor atau mobil. Kemudian pemohon harus mengikuti jalur yang telah ditandai dan mengarah ke loket pelayanan.

Jalur yang disediakan telah dirancang sedemikian rupa agar saat antre, pemohon tetap nyaman. Selanjutnya, setelah melakukan pembayaran selesai, pemohon akan menjalani proses foto. Tunggu sebentar, SIM akan selesai.

Disisi lain, Kasubbag Humas Polres Malang, Ipda Nining Husumawati mengharapkan, inovasi yang dihadirkan Polres Malang ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

“Polres Malang akan selalu berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Kabupaten Malang. Semoga SIM Salabim ini dapat memudahkan masyarakat,” ungkap Nining. (mid/yog)