dr Umar Beri Apresiasi Positif “Ekonomi HIJAU”

Foto: dr Umar Usman. (ist)

BACAMALANG.COM – Menanggapi saran dari Pegiat Pemberdayaan Masyarakat Pietra Widiadi terkait calon pemimpin Kabupaten Malang selayaknya menerapkan “Ekonomi HIJAU”, dr Umar Usman memberikan apresiasi positif.

“Saya memberikan apresiasi positif terkait ekonomi hijau dan harus diterapkan. Yang saya tangkap inti dari konsep Ekonomi HIJAU adalah perlunya penguatan SDM dan lingkungan. Termasuk dalam hal ini menjadikan warga setempat (lokal) mandiri dan tangguh dalam segala bidang,” tandas dr Umar Usman MM, Selasa (21/7/2020).

Sekilas informasi, Pegiat Pembedayaan Pietra Widiadi mengatakan calon pemimpin Kabupaten Malang (yang bertarung dalam Pilbup Malang) wajib menerapkan “Ekonomi HIJAU”.

Hal ini karena menjelang pibup Kabupaten Malang, kontestasi dan kapasitas calon tidak hanya ditentukan oleh kemampuan dalam mengorganisir massa supaya memilih, tetapi juga harus piawai dalam memahami persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

Salah satunya adalah pengembangan “Ekonomi HIJAU” yaitu ekonomi yang memperhatikan praktek pelestarian alam dan sumber daya alam yang melibatkan partisipasi warga.

dr Umar mengungkapkan, pihaknya mempunyai konsep SDM Tangguh yaitu menjalankan percepatan peningkatan daya saing manusia (masyarakat pedesaan) menjadi SDM tangguh sebagai fondasi dan daya saing lebih kompetitif.

“Kami mempunyai konsep program merealisasikan ketangguhan pedesaan dan lingkungan dibarengi mewujudkan SDM Tangguh, di segala sisi,” jelas pria yang ikut meramaikan bursa Pilbup Malang ini.

Pria yang juga direktur utama RSUD Kota Malang ini menjelaskan nantinya pihaknya akan melakukan revitalisasi pada sektor pertanian dan agrowisata dan agroindustri.

“Saya sangat mengapresiasi saran tersebut. Intinya adalah peningkatan kapasitas SDM warga lokal. Jadi investor itu tidak harus pengusaha besar, tapi warga yang diberdayakan dengan menghimpun aset ekonomi dan SDM sebagai modal pembangunan,” ujar dr Umar Usman mengakhiri. (had/red)