Kapolres Batu Laksanakan Inpres dan Pembagian Masker ke Tempat Wisata

Foto: Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK saat diwawancarai awak media usai giat pendisiplinan dan pembagian masker. (Eko Sabdianto)

BACAMALANG.COM – Kapolres Batu bersama Dandim 0818 Malang-Batu, Satpol PP, BPBD dan Pemerintah Kota Batu melaksanakan kegiatan pendisiplinan dan pembagian masker secara gratis ke tempat-tempat wisata dan hotel yang ada di Kota Batu, Jumat (21/8/2020) siang.

Hal itu dilakukan, sebagaimana tindak lanjut dari Instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, (Inpres) No. 6 Tahun 2020 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Sebelum giat tersebut dilakukan, terlebih dahulu dilaksanakan Apel yang digelar di depan Pos Polisi Lalu-Lintas M90, Jalan Gajahmada seputaran Alun-alun Kota Batu pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Menurut Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK., MIK hal ini dilakukan sebagaimana Inpres No. 6 Tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kali ini sasaranya di Jawa Timur Park 3, setelah itu menuju Hotel Golden Tulip dan kemudian Museum Angkut. Dalam hal ini kami dibantu oleh rekan dari TNI, Satpol PP dan BPBD serta Pemerintah Kota Batu. Jadi kita akan terus turun ke lapangan untuk mengecek sekaligus mengawasi, dan memastikan bahwa para wisatawan betul-betul melaksanakan kegiatan dengan tetap disiplin menggunakan masker,” kata Harvi sapaan akrabnya, saat diwawancarai awak media usai kegiatan.

Mantan ajudan Kapolda Jawa Timur di era Drs. Machfud Arifin, S.H ini menambahkan, bahwasanya disiplin dalam tetap selalu menggunakan masker dengan baik dan benar, adalah vaksin bagi kita semua saat ini.

“Jika kita tetap menerapkan protokol kesehatan dengan benar, maka tentunya akan terhindar dari terpaparnya virus Corona atau Covid-19. Seperti halnya hari ini, kami berusaha mengingatkan kepada setiap pengunjung untuk selaku memakai masker, dan tentunya, dengan pendekatan secara humanis,” imbuh dia.

Usai melaksanakan giat pendisiplinan dan penegakan protokol kesehatan di Jawa Timur Park 3, rombongan Kapolres Batu selanjutnya menuju ke Hotel Golden Tulip, untuk mengecek dan mengawasi sekaligus mengimbau kepada tamu hotel, agar selalu menggunakan masker.

Di lokasi tersebut, Kapolres Batu menemukan ada beberapa tamu hotel yang tidak memakai masker dengan baik dan benar.

“Di Hotel Golden Tulip ini, ternyata masih ada beberapa tamu hotel yang memakai masker tapi tidak secara benar. Maka selanjutnya, kami memberikan masker secara gratis sekaligus juga mengimbau dan mengingatkan, agar selalu memakai masker,” tukasnya.

Alumnus AKPOL 2001 ini menegaskan, bahwa TNI-Polri dan Pemerintah Kota Batu bakal terus menggelorakan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat, baik itu kepada pengelola tempat wisata maupun juga kepada para wisatawan dan pengunjung, untuk tetap selalu memakai masker.

Lalu selanjutnya, rombongan Kapolres Batu menuju ke Museum Angkut untuk melakukan pendisiplinan dan membagikan masker kepada para pengunjung dan wisatawan.

Setibanya di lokasi, diketahui juga ada beberapa dari wisatawan yang tidak memakai masker dengan baik dan benar. Kemudian Kapolres Batu mengimbau dan mengingatkan agar memakai masker.

“Tentunya kami akan selalu mengingatkan, mengimbau dan mengedukasi akan pentingnya memakai masker dengan baik dan benar. Karena di tempat wisata ini, ada beberapa wisatawan memakai masker hanya separuhnya saja. Artinya, hidungnya tidak tertutupi dengan masker,” ungkap dia.

Perwira Polisi dengan pangkat dua melati di pundaknya ini juga memaparkan, bahkan tidak dapat dipungkiri memang, Kota Batu sebagai tujuan wisata setiap weekend atau hari libur, jumlah kunjungan wisatawan mengalami kenaikan secara signifikan.

“Tentunya kita tidak melarang masyarakat untuk beraktivitas liburan, akan tetapi kita harus terus melakukan pengawasan secara Intens. Silahkan berlibur, tetapi protokol kesehatan tetap disiplin untuk dilaksanakan, terutama jangan lupa menggunakan masker,” beber dia.

Diakuinya, terkait dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak tersebut, karena selama kurang lebih empat bulan tempat-tempat wisata di Kota Batu tutup total.

“Jadi masyarakat haus akan hiburan, karena liburan merupakan moment yang pas pada saat long weekend. Namun akan tetapi, kita tetap mengingatkan masyarakat untuk disiplin dalam beraktivitas terutama dalam protokol kesehatan. Kami melaksanakan upaya-upaya dan himbauan-himbauan secara humanis, persuasif dan edukatif. Semoga, masyarakat semakin sadar akan pentingnya protokol kesehatan,” pungkasnya. (eko/red)