Ingin Rakyat Menang, Sam HC Berani Tandatangani Pakta Integritas

Foto: Calon Bupati Malang dari jalur independen H. Heri Cahyono (kanan) saat melakukan kegiatan kampanye. (ist)

BACAMALANG.COM – Calon Bupati Malang dari jalur independen H. Heri Cahyono mengatakan bahwa sudah saatnya rakyat menang. Untuk itu, pihaknya berani menandatangani Pakta Integritas untuk memudahkan masyarakat menagih janji politik yang diberikan oleh Malang Jejeg.

“Ini saatnya petani menang, saatnya rakyat menang, bukan calon bupatinya yang menang tapi rakyat harus menang. Caranya bagaimana, harus ada calon bupati dan wakil bupati yang berani menuangkan janji politiknya dalam pakta integritas dan ditandatangani diatas materai,” kata Sam HC saat melakukan blusukan di Kecamatan Wagir, Rabu (21/10/2020).

Janji Politik Harus Ditepati

Sam HC menegaskan selama ini ada banyak janji politik yang dilontarkan tetapi tidak dieksekusi dengan baik lantaran janji tersebut tidak memiliki landasan.

Pria asli Kasembon ini memaparkan, janji politik dalam bentuk program harusnya dituangkan dalam sebuah pakta integritas dan ditandatangani oleh pasangan calon.

Pakta integritas itu, nantinya diserahkan kepada rakyat, sehingga Bupati dan Wakil Bupati bisa ditagih janjinya jika tidak segera melakukan apa yang sudah menjadi komitmen.

Jejeg Songo, Perenungan Mendalam

Paslon nomor urut 3, H. Heri Cahyono – Gunadi Handoko yang mengusung tagline Malang Jejeg ini menjelaskan jika pihaknya sudah merumuskan program “Jejeg Songo” yang menjadi andalan.

Dijelaskan Sam HC, Jejeg Songo merupakan hasil perenungan terhadap permasalahan masyarakat selama ini. Maklum saja, Sam HC sebelum ajang Pilkada sudah menggemakan gerakan Malang Jejeg kepada masyarakat. Bahkan, selama kurang lebih 1,5 tahun sudah melakukan blusukkan untuk bertemu dan menyerap aspirasi rakyat.

“Program Jejeg Songo berasal dari aduan masyarakat, dari jeritan masyarakat yang selama ini kurang diperhatikan pemerintah. Mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, layanan publik, kesejahteraan petani hingga masalah sulitnya mencari pekerjaan,” bebernya.

Urgensi Pendidikan Gratis

Ia menjelaskan hal mendasar yang menjadi keluhan masyarakat adalah pendidikan yang masih belum gratis di Kabupaten Malang. Kondisi itu, lanjut Sam HC sangat kontras dengan daerah tetangga yakni Kota Malang yang sudah menerapkan pendidikan secara gratis.

“Nantinya pendidikan gratis akan menyasar kepada seluruh sekolah tanpa terkecuali mulai dari PAUD, TK, SD/MI, SMP sederajat baik negeri maupun swasta,” ungkapnya.

Mudahkan Layanan Adminduk

Bukan itu saja, layanan publik seperti pembuatan KTP, KK dan Adminduk lainnya yang masih terpusat di dinas, bakal segera dipotong alur birokrasinya menjadi selesai di kantor desa.

“Pembuatan KTP dan KK serta Adminduk lain selesai di Desa, itu komitmen Kami dan hal itu bisa dilakukan karena Kami sudah melakukan kajian mendalam terhadap aturan dan kebijakan tersebut,” kata Sam HC.

Pria penghobi olahraga motor trail ini mengungkapkan jika Pilkada ini adalah momen masyarakat untuk menang. “Calon Independen ini rekomendasinya dari rakyat, diusung oleh rakyat dan InshaAllah akan mengabdi untuk rakyat. Wes Wayahe Malang Kudu Jejeg, wes wayahe mencetak sejarah baru Bupati Malang dari jalur independen,” pungkasnya. (*/had)