Desa Sumberdem Hasilkan Kopi Khas, Anggota DPRD Ini Beri Apresiasi

Foto: Rahmat Kartala. (ist)

BACAMALANG.COM – Karena dikenal sebagai desa penghasil kopi bercita rasa khas, Kopi dari Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, mendapatkan apresiasi positif dari anggota DPRD Kabupaten Malang.

“Semoga Desa Sumberdem bisa menjadi desa destinasi wisata percontohan wisata kopi. Yang nantinya bisa terus dikembangkan untuk memberdayakan perekonomian warga desa,” tandas Anggota DPRD Kabupaten Malang komisi IV Partai Gerindra, Rahmat Kartala, Jumat (22/1/2021).

Legislatif asal Dapil Malang 2 asal Desa Tawang Rejeni Turen ini menceritakan, terdapat sebuah bukti sejarah yang bisa dijadikan patokan jika Desa Sumberdem menjadi awal mula cikal bakal budidaya kopi oleh petani rakyat.

Ia mengatakan jika Kades yang sekarang yakni Purwati yang merupakan canggah kades pertama, mempunyai warisan keris dari kakeknya. Keris tersebut ada cap berupa simbol kopi dan tulisan Pakubuwono.

“Adanya keris warisan peninggalan ini dengan tulisan Pakubuwono dan simbol kopi, menjadi bukti otentik jika pengembangan kopi dimulai dari desa ini di Kabupaten Malang,” papar Rahmat Kartala.

Apresiasi Program Kades

Ia mengatakan, dirinya mengapresiasi berbagai program yang telah dijalankan kades Purwati untuk pemberdayaan ekonomi warga lewat penguatan usaha kopi.

Ia mengajak Pemkab Malang berpartisipasi dalam mendukung pengembangan usaha kopi dan pariwisata agar bisa memperkuat ekonomi warga setempat.

“Kami mengajak Pak Bupati untuk menjadikan Desa Sumberdem menjadi Desa Wisata Kopi,” papar Rahmat Kartala.

Diharapkan Desa Wisata ini menjadi Role Model untuk desa wisata fokus kopi. “Semoga menjadi desa percontohan untuk seluruh Indonesia,” jelas Rahmat.

Selama puluhan tahun, warga setempat mayoritas mencari nafkah sebagai petani kopi rakyat.

Saat ini berkat perjuangan dan kerja keras berhasil memproduksi Kopi bermerek Kopi 1832 yang dijual ke berbagai daerah. (had)