Peduli Korban Bencana Alam, IWO Malang Raya Berikan Bantuan Mie Instan

Foto: Para jurnalis yang tergabung di IWO Malang Raya, saat memberikan bantuan berupa mie instan melalui MPC PP Kota Batu. (Eko)

BACAMALANG.COM – Ikatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya, turut prihatin atas terjadinya bencana yang terjadi dibeberapa wilayah di tanah air. Antara lain banjir yang terjadi di Kalimatan Selatan dan Jawa Barat, gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir dan tanah longsor di Kota Malang.

Dengan mendatangi posko penerimaan bantuan yang didirikan oleh Ormas MPC Pemuda Pancasila Kota Batu, yang berlokasi di depan Plaza Batu, Jalan Gajahmada, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, puluhan wartawan memberikan bantuan bahan makanan pokok.

Hal itu dilakukan, lantaran tergugah dan terdorong oleh rasa keprihatinan yang tinggi dan mendalam.

“Kami para jurnalis yang tergabung di IWO Malang Raya, melakukan aksi sosial dengan memberikan bantuan berupa 5 dus mie instan melalui MPC PP Kota Batu,” kata Ketua IWO Malang Raya Rudi Hariyanto, di sela-sela pemberian bantuan, pada Jumat (22/1/2021) sore.

Menurutnya, aksi sosial pemberian bantuan tersebut itu untuk meringankan beban bagi para korban bencana alam.

“Jadi, aksi spontanitas yang dilakukan oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya ini adalah sebagai bentuk rasa empati kepedulian jurnalis, kepada saudara-saudara yang tertimpa musibah di beberapa titik bencana di Indonesia,” ungkapnya.

Dengan adanya aksi ini, lanjut Rudi, IWO Malang Raya berharap, dapat menumbuhkan kepedulian dalam internal organisasi dan masyarakat umum terhadap para korban yang terdampak.

“Jadi, apapun bentuknya itu dan berapapun jumlahnya, kebaikan itu bakal menular kepada orang lain, terlebih bagi yang tertimpa musibah,” ungkapnya.

IWO Malang Raya juga berharap, agar pemerintah serta pihak-pihak terkait melibatkan masyarakat untuk merancang langkah pencegahan, guna mencari tahu substansi persoalan bencana yang terjadi,

“Ya, tujuannya agar tidak hanya pada saat bencana itu terjadi baru dilakukan penanggulangan, namun akan tetapi sebelum bencana terjadi bisa dilakukan atau diantisipasi pencegahannya, guna memperkecil resiko kerusakan dan jatuhnya korban jiwa,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Srikandi MPC Pemuda Pancasila Kota Batu, Hj. Dewi Kartika, ST juga menyampaikan, bahwa posko penerimaan bantuan kepada para korban bencana alam tersebut, diprakarsai oleh MPC Pemuda Pancasila Batu.

“Posko penerimaan bantuan ini diprakarsai oleh MPC Pemuda Pancasila Kota Batu, adapun maksud dan tujuannya untuk menerima bantuan bahan makanan, dan donasi lainnya, yang kemudian kami salurkan ke MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Timur, dan selanjutnya disalurkan kepada para korban yang tertimpa bencana,” jelasnya.

Meski demikian, masih kata Dewi Kartika, posko penerimaan bantuan bagi korban bencana alam itu, juga menerima bantuan lainnya.

“Ya, salah satunya juga pakaian yang masih layak pakai tentunya. Jadi, selain bahan makanan, kami juga menerima bantuan berupa obat-obatan. Semoga saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam, selalu diberikan ketabahan dan kekuatan,” tandas dia. (Eko)